View Single Post
Old 17th January 2017, 02:44 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Terlalu Lama Duduk Sama Berbahayanya Dengan Merokok

Mungkin sebagian besar dari kita memiliki rutinitas atau kegiatan lain yang sering di awali dengan duduk. Yang mana kegiatan tersebut bisa saja suatu rutinitas seperti pekerjaan, seringkali seseorang memiliki pekerjaan yang mengharuskan dirinya duduk selama 8 jam sehari. Dimana rutinitas ini jika sering di lakukan tanpa adanya istirahat akan sangat membahayakan tubuh. Ya meskipun hal itu adalah sesuatu yang wajib kita jalankan, tapi tidak ada salahnya jika kita meluangkan waktu sedikit untuk mengistirahatkan tubuh.

Bagi karyawan kantor yang hampir sebagian waktunya melakukan pekerjaan dengan duduk selama 7-8 jam, ketika pulang kerja biasanya seringkali menonton TV selama kurang lebih 3 jam. Padahal kegiatan seperti itu tidak baik untuk kesehatan karena sama saja jika terus-terusan melakukan kegiatan seperti itu tanpa ada istirahat maka bahayanya akan sama dengan merokok.

Tapi apa kaitannya duduk terlalu lama sama bahayanya dengan rokok? Kaitannya adalah dengan duduk lebih dari 8 jam akan mampu membuat tubuh anda mengalami resiko terkena penyakit seperti diabetes, hepatitis dan penyakit kardiovaskuler yang lain.

Duduk Terlalu Lama Dapat Merusak Tubuh Kita
Duduk terlalu lama memang akan dapat merusak tubuh kita, apalagi tanpa asupan makanan atau minuman yang akan menambah tubuh menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik. berikut ada beberapa langkah dari duduk yang di sertai dengan waktu yang dapat anda ketahui.

Segera setelah anda mulai duduk:
  1. Aktivitas listrik di bagian tungkai bawah jadi berhenti
  2. Adanya pembakaran kalori oleh tubuh yang menurun hingga 1 kalori permenit. Yang mana hal seperti ini akan dapat menyebabkan terjadinya kegemukan yang lama-kelamaan mampu menimbulkan kondisi obesitas.
  3. Enzim yang membantu memecah lemak jadi turun sebesar 90%.
Setelah 2 jam duduk:
  1. Jumlah HDL atau lemak baik jadi menurun sebesar 20%, yang mana dengan turunnya jumlah lemak baik ini akan dapat meningkatkan resiko terjadinya hiperkolesterolemia (jumlah kolesterol yang abnormal di dalam tubuh).
Setelah 24 jam:
  1. Jika anda terus-terusan duduk, apalagi selama 24 jam, maka tanpa anda sadari hal tersebut akan menjadi pemicu utama terjadinya diabetes pada tubuh anda.
Cara Menghindari Resiko Kesehatan Akibat Terlalu Lama Duduk
Berikut ini ada beberapa cara tentang bagaimana menghindari resiko kesehatan akibat terlalu lama duduk disamping rutinitas harian yang menuntut anda selalu duduk ketika melakukan pekerjaan, diantaranya:

1. Usahakan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit sehari
Olahraga ini dapat anda lakukan di setiap harinya sebelum, pada waktu istirahat dan pulang kerja. Yang mana olahraga tersebut dapat anda lakukan minimal dalam waktu 30 menit, yang mana 30 menit ini di bagi menjadi beberapa bagian seperti 15 menit di pagi hari dan 15 menit lagi di sore hari.

2. Lakukanlah olahraga ringan seperti berjalan di area tempat kerja
Anda juga bisa melakukan olahraga sehat lainnya seperti berjalan-jalan di area tempat kerja anda, yang mana olahraga seperti ini bertujuan untuk membantu otot-otot anda yang kaku mengalami relaksasi dengan cara melancarkan peredaran darah.

3. Cobalah untuk mengurangi aktivitas menonton TV
Cobalah anda untuk membatasi waktu nonton TV anda di rumah dengan aktivitas lain seperti jalan-jalan, membersihkan rumah atau berolahraga. Agar tubuh anda terhindar dari resiko terkena obesitas.

4. Gunakan sarana transportasi umum
Dengan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api ketika ingin berangkat bekerja atau melakukan kegiatan lainnya, akan dapat membantu anda dalam melancarkan peredaran darah. Dengan melakukannya setiap hari maka tubuh anda akan terjaga kesehatannya.

Itulah bahaya dari lamanya duduk yang setara dengan bahaya yang di hasilkan dari rokok, oleh karena itulah janganlah kita terlalu lama untuk duduk jika anda tidak ingin mengalami kondisi seperti yang sudah di jelaskan di atas. Cobalah untuk melakukan istirahat sejenak setelah duduk sekitar 3 jam agar peredaran darah pada tubuh dapat kembali berjalan dengan lancar.

Baca juga:
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links