View Single Post
Old 17th January 2017, 02:45 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 24 Sep 2016
Userid: 5522
Posts: 15
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Cool Cara Mengatasi Kebiasaan Begadang Setiap Malam

Quote:
Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya.
Begadang boleh saja asal ada perlunya.
Bila sering kena angin malam segala penyakit akan mudah datang.
Darilah itu sayangi badan jangan begadang setiap malam


Begitulah sepenggalan lirik lagu Bang Haji Roma Irama yang mengisyaratkan kita untuk tidak begadang setiap malam. Kebiasaan begadang memang berdampak buruk khususnya untuk kesehatan. Terlebih jika tidak ada kepentingan khusus atau kebiasaan ini tidak patut dijadikan contoh kepada anak-anak.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekonologi, maka hasil kajian riset para pakar kesehatan dunia menjelaskan bahwa kebiasaan begadang hingga larut malam bisa berpengaruh buruk pada perkembangan fungsi otak manusia. Ketika malam hari saat terlelap tidur, otak bekerja keras untuk membuat racun dan sisa-sisa aktivitas saraf yang menumpuk pada otak selama beraktivitas seharian penuh.

Penumpukan racun dan sisa-sisa tersebut mengakibatkan terjadinya gangguan saraf dan penyakit alzheimer. Oleh karena itu, sudah saatnya kebiasaan buruk begadang mesti dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari baik oleh pria atau pun wanita.

Sekarang ini marak sekali kalangan anak-anak yang menghabiskan waktu tidurnya dengan aktivitas-aktivitas yang serasa tidak penting, seperti bermain di warnet, tempat PS, bermain di pinggir jalan bersama gankstar dan sebagainya. Sangat miris sekali dan disayangkan, bahwa mereka-mereka termasuk kalangan para pelajar yang sedang mencari ilmu. Otomatis efek buruk dari begadang akan dirasakan saat ia berada di sekolah.

Ada cara yang efektif dan efisien untuk mencegah dan mengurangi kebiasaan begadang pada orang dewasa diantaranya :

■ Meditasi atau sembahyang. Meditasi yang baik untuk mereka yang beragama muslim adalah dengan sembahyang tengah malam. Bila belum menjalankan solat isya maka segeralah meski pun merasa sangat suntuk ingin tidur. Dengan demikian, baik kesehatan jasmani atau rohani akan selalu terjaga.

■ Menjaga pola hidup sehat.
Metode yang ke dua mungkin lebih paham tentan cara menjaga pola hidup sehat yaitu berupa olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan menjaga kebersihan. Selain itu, membatasi diri dari kecanduan merokok dan minuman keras. Kemudian memperbanyak minum menjelang tidur agar cairan tubuh tidak cepat hilang.

■ Mengurangi kebiasaan menonton TV hingga larut malam
Apabila anak anda bersama anda menyaksikan TV diusahakan untuk menyuruhnya segera tidur, sebab jika tidak demikian, maka kebiasaan begadang akan berlanjut hingga anak menjelang dewasa.

■ Tidak merokok dan minum kopi menjelang tidur
Kopi dan rokok keduanya adalah bahan perangsang hormon dalam otak untuk jangan beristirahat. Jika terus menerus dilakukan maka kebiasaan begadang akan mendarah daging.

■ Mematikan lampu kamar tidur

Dengan penerangan cahaya yang redup maka mata akan senantiasa terpejam. Namun jika lampu tidak dimatikan, kemungkinan respon cahaya pada mata akan terus menerus berfungsi dan berpengaruh pada penglihatan.

Apabila mengidap phobia kegelapan alangkah baiknya untuk menjalani hipnoterapi dari medis. Selain itu, perlu di tunjang dengan memperbanyak berdo'a dan bermeditasi.

■ Mengonsumsi obat tidur bila perlu.
Sebagai langkah terakhir untuk mengatasi kebiasaan begadang adalah dengan konsumsi obat tidur. Obat tidur sangat banyat tersedia di jual bebas di apotik dan toko obat. Namun, dalam hal ini anda mesti berhati-hati untuk memilih obat tidur, sebab akan berakibat buruk pada kesehatan.
Sumber : http://sleepcarecapsule.com/cara-men...saan-begadang/
Jhonny Simajuntak is offline   Reply With Quote
Sponsored Links