View Single Post
Old 18th January 2017, 11:36 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Inilah Bahayanya Jika Sang Ibu Merokok Saat Hamil

Bagi seorang ibu yang sedang hamil, mungkin dirinya memiliki banyak sekali pantangan atau larangan yang tidak boleh dilakukan. Pantangan atau larangan tersebut, mulai dari makanan, minuman, aktivitas fisik, cara beristirahat, tidur dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, bagi seorang ibu yang memiliki kebiasaan buruk seperti merokok sangat sekali tidak disarankan jika sedang hamil dirinya masih menghisap rokok, karena akan dapat membahayakan janin yang sedang di kandungnya tersebut.

Kandungan berbahaya yang ada di dalam rokok, akan dapat membahayakan kesehatan anda dan juga janin. Bahkan bahaya dari rokok ini dapat membuat nyawa janin yang sedang anda kandung jadi terancam. Kandungan nikotin, karbon monoksida, dan racun lainnya yang anda hisap akan langsung di serap oleh bayi yang sedang anda kandung.

Dan jika anda telah mengetahui bahaya merokok saat sedang hamil, mungkin anda akan membuang rokok tersebut jauh-jauh. Karena hal tersebut adalah suatu alasan untuk bisa menjaga kesehatan sang janin. Apakah anda tahu bahaya merokok saat sedang hamil yang dapat membahayakan janin yang sedang anda kandung? Untuk lebih jelas mengenai bahayanya, coba anda simak penjelasan di bawah ini dengan teliti.

Bahaya Yang Akan Timbul Jika Sang Ibu Merokok Saat Hamil
Bahaya yang di timbulkan jika sang ibu merokok saat hamil mungkin tidak akan dapat di rasakan, karena tanpa di sadari anda telah menghabiskan lebih dari 1 bungkus rokok setiap harinya. Yang tanpa anda sadari sudah ada berapa kandungan racun di dalam rokok yang masuk ke dalam tubuh.

Bagi sang ibu yang seringkali merokok saat sedang hamil, mungkin akan memberikan asupan oksigen yang kurang pada janinnya. Yang mana hal tersebut akan memberikan efek buruk pada pertumbuhan dan perkembangan bayi anda nanti. Bayi anda juga dapat lahir terlalu dini atau mengalami gizi buruk yang akan menimpa bayi anda.

Namun, bukan hanya itu saja bahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan janin yang ada dalam kandungan anda. Tapi bahaya ini juga dapat mempengaruhinya, seperti:

1. Akan mengalami cacat jantung bawaan
Bayi yang memiliki seorang ibu perokok mungkin akan dapat mengancam kesehatan bayi nantinya, karena sang bayi akan dapat mengidap cacat jantung bawaan sejak lahir. Karena kandungan yang ada di dalam rokok akan mampu menghambat aliran darah dari sisi kanan jantung ke paru-paru, racun dari rokok juga dapat membuat jantung bayi anda berdetak lebih cepat dari biasanya. Dan anda harus berhati-hati karena dengan seringnya mengalami detak jantung yang terlalu cepat, akan mampu meningkatkan kematian mendadak pada bayi.

2. Memiliki resiko memiliki cacat paru bawaan
Biasanya bayi yang lahir dari ibu yang sering merokok sejak masa kehamilan, cenderung bayi tersebut memiliki ukuran tubuh yang kecil. Karena hal seperti ini di sebabkan oleh nikotin yang meracuni paru-paru bayi tersebut, yang akan mengalami keterlambatan pada masa pertumbuhannya, yang dapat menyebabkan paru-paru mereka tidak siap untuk bekerja sendiri. Yang mana kondisi seperti ini akan dapat selalu di rasakan oleh sang bayi tersebut meski dirinya sudah menginjak masa dewasa sekalipun.

3. Adanya kerusakan pada otak
Memiliki seorang ibu perokok, mungkin tidak bisa di pungkiri. Karena bahaya yang akan di timbulkan dari rokok ternyata mampu membuat kerusakan pada bagian otak, yang mana kerusakan ini meliputi gangguan pada belajar, adanya masalah pada perilaku dan masalah pada IQ yang relatif rendah. Hal ini di sebabkan karena kandungan nikotin dalam rokok mampu menyebabkan kerusakan saraf dengan mengurangi suplai oksigen ke otak yang sedang berkembang.

4. Dapat menyebabkan keguguran dini
Keguguran adalah suatu kondisi yang paling tidak di inginkan oleh seorang ibu hamil. Tapi biasanya bagi seorang ibu perokok resiko tinggi mengalami keguguran ini sangat tinggi, yang mana keguguran tersebut akan terjadi setelah janin berusia 20 minggu. Yang mana kondisi ini di kenal juga dengan sebutan kelahiran mati. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena saat sedang hamil kemungkinan bahan kimia pada rokok yang masuk ke dalam tubuh menghambat oksigen dan nutrisi yang mengarah pada bayi sehingga mengalami komplikasi sampai kematian.

Inilah bahaya yang timbul jika merokok saat sedang hamil, maka dari itu sangat di sarankan bagi anda untuk mencoba menghentikan kebiasaan buruk tersebut jika tidak ingin nyawa janin yang sedang anda kandung terancam oleh bahayanya kandungan yang terdapat di dalam rokok. Oleh sebab itu sangat di sarankan bagi anda sang ibu yang sedang hamil, janganlah sampai diri anda melakukan hal tersebut seperti merokok. Agar janin yang sedang anda kandung dapat terjaga kesehatannya.

Baca juga:
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Semoga bermanfaat…
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links