View Single Post
Old 21st January 2017, 07:50 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Cara Mengatasi Stres Bagi Penderita Diabetes

Mengalami kondisi stres memang bukanlah suatu hal yang baik untuk kesehatan, namun seringkali bagi kita tidak menyadari bahwa diri kita sedang mengalami stres. Akibat timbulnya stres ini bisa karena memiliki masalah tertentu yang menjadikan suatu beban pada pikiran, apalagi jika yang mengalami stres ini adalah orang yang sedang mengidap penyakit diabetes.

Bagi seseorang termasuk anda yang mungkin sedang mengidap penyakit diabetes, sangat tidak disarankan sekali untuk mengalami stres. Tapi mengapa? Karena dengan mengalami stres, akan dapat menjadikan kondisi diabetes anda menjadi lebih buruk lagi, yang dapat mengakibatkan kadar gula darah jadi meningkat. Dan takutnya malah akan menjadi komplikasi yang dapat mempengaruhi organ tubuh lainnya yang masih sehat.

Diabetes, adalah suatu penyakit yang sering di alami oleh banyak orang di negara Indonesia. Sudah hampir 1,4 juta lebih pengidap diabetes yang nyawanya terancam, penyakit diabetes ini bisa dialami oleh berbagai usai mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Namun, seringkali mengabaikan gejala yang ditimbulkannya. Sehingga ketika bertambahnya usia, penyakit diabetes ini mulai terasa. Jika tidak cepat ditangani akan dapat menjadi kondisi yang semakin serius.

Gejala Yang Muncul Ketika Sedang Mengalami Stres
Bagi penderita diabetes, mungkin seringkali merasakan suatu gejala namun tidak mengetahuinya. Padahal jika dirinya bisa memperhatikan secara baik-baik dari gejala tersebut, maka dirinya akan dapat mencegah rasa stres yang akan muncul. Maka dari itu, dengan mengenali gejala yang muncul akibat stres akan dapat membantu anda menjadi lebih mudah untuk menentukan jenis-jenis stres yang anda alami, serta dapat mengetahui mengenai cara mengatasinya. Di bawah ini ada beberapa gejala dari stres yang harus anda ketahui:
  1. Adanya rasa sakit di bagian kepala
  2. Terjadi gangguan pada otot dan persendian
  3. Seringkali tidur atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali
  4. Selalu merasa sakit pada seluruh bagian badan
Dan ketika anda sedang mengalami stres, anda juga akan dapat merasakan:
  • Merasa tidak memiliki motivasi
  • Sangat sensitif sekali terhadap berbagai hal
  • Selalu merasa cemas
  • Itulah, gejala yang dapat anda ketahui dari stres agar penyakit diabetes yang sedang anda alami tidak semakin parah. Oleh sebab itulah anda harus mengetahui apa saja gejala yang di timbulkan dari stres ini bagi penderita diabetes, agar anda dapat mengatasinya dengan segera.

Cara Mengatasi Stres Yang Sedang Dialami Oleh Penderita Diabetes
Berikut ini adalah suatu cara yang dapat anda lakukan untuk dapat mengatasi stres, agar kondisi diabetes anda tidak semakin memburuk, yang mana stres ini terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya:

1. Cara mengatasi stres mental
Bingung cara mengatasi stres mental? Pertama-tama coba anda lakukan meditasi terlebih dahulu untuk dapat mengurangi beban pikiran yang sedang anda alami, lakukan meditasi tersebut kurang lebih selama 15 menit saja. Usahakan untuk melakukannya secara rutin setiap hari, ketika anda ingin beristirahat di malam hari.

2. Cara mengatasi stres emosional
Jika anda mengalami rasa stres yang berasal dari emosi yang tidak stabil, maka cobalah untuk memberikan waktu pada diri anda untuk berpikir. Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam dan fokus untuk membuang pikiran yang membuat anda stres. Ketika anda selesai melakukan hal tersebut, maka beban yang ada di pikiran anda akan hilang serta tubuh menjadi lebih rileks.

3. Cara mengatasi stres fisik
Jika ada ingin mengetahui bagaimana caranya untuk mengatasi stres fisik yang sedang anda alami, anda dapat melakukan yoga. Karena dengan yoga akan dapat membantu anda dalam hal menurunkan tekanan darah anda. Atau anda juga bisa melakukan olahraga aerobik selama kurang lebih 30 menit dalam sehari yang di lakukan secara rutin. Maka percaya, rasa stres yang sedang anda alami akan berkurang.

Inilah cara mengatasi stres bagi penderita diabetes yang harus anda ketahui, karena dengan mengetahui cara mengatasi stres, anda dapat melakukannya sendiri jika stres datang pada diri anda. Apalagi anda adalah seseorang yang sedang mengidap diabetes, pasti akan sangat membantu anda dalam mengurangi gangguan kesehatan ini.

Baca juga:
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang salah. Dan terima kasih bagi anda yang sudah membaca artikel kesehatan ini, semoga bermanfaat…
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links