View Single Post
Old 21st January 2017, 09:46 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Jenis Karbohidrat Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, sudah banyak sekali larangan yang harus di jauhi oleh penderita diabetes itu sendiri. Yang mana larangan tersebut pada umumnya berupa jenis makanan dan minuman, karena sebagian besar penderita diabetes sangat di larang sekali untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi penderita diabetes untuk selalu bersabar untuk menghadapi penyakit ini.

Mengenai diabetes, secara umum tubuh penderita diabetes seringkali tidak dapat mencerna dengan baik karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Insulin yang pada umumnya merupakan suatu jenis hormon yang berfungsi untuk memproses glukosa dalam tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dan biasanya bagi penderita diabetes itu sendiri, dirinya tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Oleh sebab itu kadar gula darah penderita diabetes selalu tinggi, dan hal ini juga yang membuat penderita diabetes merasa bingung dengan memilih jenis makanan yang baik untuk di konsumsi.

Biasanya karbohidrat dapat menjadi porsi terbesar bagi penderita diabetes di kehidupan sehari-harinya, karena pada umumnya penderita diabetes di Indonesia sangat sekali menyukai menu wajib untuk di makan yaitu nasi. Namun, dengan mengkonsumsi nasi dapat menimbulkan efek tersendiri jika tidak di lakukan dengan benar. Yang mampu menyebabkan kadar gula darah semakin tinggi.

Jenis Karbohidrat
Ada beberapa jenis karbohidrat yang harus anda ketahui, dimana karbohidrat tersebut terdiri dari:
  • Zat tepung. Salah satu makanan yang di dalamnya mengandung zat tepung cukup tinggi adalah kacang polong, jagung, kentang, gandum, nasi dan kacang merah.
  • Gula. Beberapa jenis gula yang secara alami sudah ada di dalam suatu jenis makanan seperti buah-buahan, dan di salah satu olahan yang mengandung gula diantaranya, kue kering. Jenis minuman seperti sirup dan madu.
  • Serat. Biasanya serat dapat kita temukan di berbagai jenis buah, sayur, biji-bijian dan kacang-kacangan. Dan serat ini sendiri memiliki manfaat untuk dapat melancarkan sistem pencernaan.
Inilah Jenis Karbohidrat Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Diabetes
Bagi penderita diabetes, di bawah ini ada beberapa jenis karbohidrat yang baik untuk anda konsumsi. Yang mana jenis karbohidrat ini akan memberikan manfaat tertentu bagi tubuh, diantaranya sebagai berikut:

1. Gandum
Gandum merupakan salah satu jenis karbohidrat yang sangat baik untuk di konsumsi oleh penderita diabetes, jenis makanan yang mengandung karbohidrat di dalamnya yaitu oatmeal. Tapi anda harus ingat, tidak boleh menambahkan gula lagi ke dalam oatmeal tersebut. Manfaat dari oatmeal sendiri dapat membantu anda untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

2. Nasi merah
Nasi merah juga termasuk jenis makanan yang baik untuk di konsumsi penderita diabetes, karena serat yang terkandung di dalam nasi merah ini mampu memperlambat penyerapan gula dalam tubuh. Sehingga kadar gula darah dapat terkontrol dengan baik.

3. Biji-bijian dan kacang-kacangan
Jika anda mengkonsumsi jenis biji-bijian dan kacang-kacangan, maka usahakan untuk mencucinya terlebih dahulu. Karena dengan mencucinya akan dapat menghilangkan kandungan garam di dalamnya, kandungan garam ini juga sangat tidak baik jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang banyak bagi penderita diabetes.

4. Apel
Apel, memiliki kandungan gula alami yang di dalamnya yang baik untuk di konsumsi oleh penderita diabetes. Selain memiliki rasa yang manis, apel ini juga dapat di olah menjadi beberapa jenis olahan yang baik untuk kesehatan tubuh seperti di jadikannya sebagai jus apel.

5. Ubi jalar
Ubi jalar merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang baik untuk di konsumsi penderita diabetes, karena ubi jalar mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah kadar gula darah menjadi naik. (Baca juga: Beragam Manfaat Yang Dimiliki Ubi Jalar Bagi Kesehatan)

6. Pasta gandum utuh
Jika anda menyukai pasta, cobalah untuk memastikan pasta tersebut terbuat dari gandum utuh. Karena dengan mengkonsumsi pasta gandum utuh dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, dan juga bagi penderita diabetes ada baiknya jika mengkonsumsi pasta gandum utuh disertai dengan sayuran seperti brokoli agar manfaatnya semakin besar.

7. Berries
Berries atau buah-buahan jenis lainnya juga sangat baik untuk di konsumsi, seperti strawberry, blueberry dan raspberry. Jenis buah-buahan tersebut memiliki kalori yang rendah tapi sangat kaya akan serat di dalamnya. Yang mana buahan-buahan berries ini dapat membantu anda untuk mengontrol kadar gula dalam darah untuk penderita diabetes.

8. Roti gandum
Jika anda menyukai roti, cobalah untuk mengkonsumsi roti gandum, karena roti gandum akan mampu memenuhi karbohidrat yang diperlukan tubuh dan juga dapat mengurangi resiko diabetes anda menjadi lebih buruk.

Inilah jenis karbohidrat yang baik untuk penderita diabetes, oleh karena itu sangat disarankan bagi anda yang menderita diabetes untuk mencoba jenis makanan di atas yang dapat membantu anda dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Yang juga mampu mencegah naiknya kadar gula darah yang dapat membuat kondisi diabetes anda jadi memburuk.

Dan anda juga harus ingat, sangat di larang sekali bagi penderita diabetes mengkonsumsi jenis makanan berupa susu cokelat, susu kedelai, sirup, makanan yang mengandung pemanis buatan dan permen. Karena jenis makanan tersebut dapat memperburuk kondisi diabetes anda.

Baca juga:
Dan artikel lainnya di http://www.tokoacep.us/

Semoga bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links