View Single Post
Old 23rd January 2017, 09:19 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Thumbs up Tips Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2 Pada Anak

Diabetes merupakan suatu penyakit yang seringkali di takuti setiap orang, karena diabetes adalah suatu penyakit kronis yang bisa membahayakan tubuh jika tidak di atasi dengan cepat. Namun seringkali kita memiliki anggapan mengenai diabetes ini bahwa penyakit diabetes ini hanya dapat menyerang seseorang yang berusia di atas 40 tahun. Padahal anggapan seperti itu salah, nyatanya sebagian besar anak-anak yang baru berusia antara 8-10 tahun ada yang sudah mengidap diabetes.

Diabetes yang seringkali di alami oleh anak-anak merupakan suatu tipe diabetes yang secara umum dapat membahayakan jiwa penderitanya jika di biarkan dalam waktu lama, yang mana diabetes ini adalah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 merupakan suatu penyakit yang menunjukkan bahwa kadar gula darah terlalu tinggi, dimana kondisi seperti ini akan dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian mata, hati, ginjal, saraf, gigi dan gusi. Yang mana pada kasus sebelumnya seseorang yang mengidap diabetes tipe 2 ini adalah orang dewasa.

Tapi, Apa Yang Dapat Membuat Anak Rentan Terhadap Diabetes Tipe 2?
Seseorang anak akan rentan terkena resiko diabetes tipe 2 jika:
  1. Memiliki orang tua atau saudara yang menderita diabetes.
  2. Memiliki berat badan yang berlebih.
  3. Kurang aktif secara fisik.
  4. Berat badan kurang dari 4 kg, atau lebih dari 4 kg ketika dilahirkan.
  5. Lahir dari seorang ibu yang selama masa kehamilannya menderita diabetes.
Lalu Apa Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Mengurangi Resiko Terkena Diabetes Tipe 2
Jika anda memiliki keinginan untuk mengurangi resiko anak terkena diabetes tipe 2, anda dapat melakukan cara seperti di bawah ini. Diantaranya:
  • Cobalah untuk membantu anak anda untuk selalu aktif setiap hari.
  • Seringlah membuat makanan yang sehat yang di sukai oleh anak.
  • Cobalah untuk mengajak anak anda untuk bermain atau berbelanja.
  • Batasi porsi makan dengan kandungan lemak, gula serta garam.
  • Batasi juga waktu bermain sang anak saat berada di depan komputer, tablet dan televisi selama 2 jam perhari.
  • Bawalah anak anda ke dokter agar dapat mengetahui apakah anak anda memiliki berat badan yang sehat, serta apakah anak anda memiliki resiko terkena diabetes tipe 2.
  • Ajak anak anda untuk berolahraga setiap hari.
Cara Yang Tepat Agar Anak Mengkonsumsi Makanan sehat
Cobalah untuk mengajak anak anda untuk mengkonsumsi jenis makanan sehat, yang baik untuk mengurangi resiko anak terkena diabetes tipe 2. Cobalah untuk membuat daftar menu makanan bersama-sama sesuai keinginannya, dan berikan juga saran apakan makanan yang dipilihnya tersebut baik untuk kesehatannya atau tidak. Dan di bawah ini ada beberapa makanan yang baik untuk di konsumsi anak, yaitu:
  1. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti roti gandum, sereal, beras merah, lentil, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur-sayuran. Agar membuat sistem pencernaan lebih lancar dan membuang segala racun yang ada di dalam tubuh.
  2. Pilih makanan yang rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, ikan, susu yang tidak mengandung lemak di dalamnya, yogurt dan keju.
  3. Cobalah untuk mengajak sang anak untuk mengkonsumsi jenis makanan yang di bakar, di kukus, atau di panggang agar dapat mengurangi resiko terkena diabetes. Tapi ingat jangan sampai anak anda mengkonsumsi jenis makanan yang di goreng.
  4. Mengkonsumsi banyak sayuran seperti salad, wortel, tomat, dan paprika.
  5. Hindarkan sang anak dari jenis minuman yang mengandung pemanis buatan seperti soda, minuman isotonik dan jus buah yang mengandung gula.
Inilah tips untuk menurunkan resiko anak terkena diabetes tipe 2 yang dapat anda lakukan sendiri, yang mana tips di atas merupakan tips yang mudah sekali untuk anak anda melakukannya. Dan sangat disarankan sekali untuk selalu memberikan masukan kepada anak anda dalam memilih jenis makanan yang akan di konsumsinya. Berikan saran seperti untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi dan jauhi jenis makanan yang mengandung lemak.

Baca juga:
Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links