View Single Post
Old 23rd January 2017, 03:46 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 1 Oct 2016
Userid: 5563
Location: Tasikmalaya, Jawa Barat
Posts: 465
Real Name: AnggiDoclo
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Lakukan Cara Ini! Untuk Dapat Merawat Bayi Yang Mengidap GERD

Mungkin sebagian besar orang tua akan mengalami stres, jika sang bayi terus-terusan menangis. Apalagi jika bayi tersebut menangis pada waktu malam hari, ketika anda sedang beristirahat tepat di tengah malam bayi anda kembali menangis. Dan mungkin bagi anda sebagai orang tua baru bagi sang bayi masih merasa bingung menghadapi kondisi seperti ini.

Anda harus mengingatnya, apakah ada yang aneh ketika anda sedang menyusui atau memberinya makan? Jika ada itu bisa saja bayi anda mengalami GERD atau refluks asam lambung.

GERD atau refluk asam lambung ini merupakan suatu penyakit pada lambung yang dapat menyebabkan infeksi, sehingga makanan atau minuman yang sudah masuk ke dalam perut akan kembali ke kerongkongan. Maka dari itu bagi penderita GERD seringkali merasa kesakitan akibat infeksi yang terjadi pada lambung.

Tapi, anda tidak perlu khawatir karena saya mempunyai beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat bayi yang sedang mengidap GERD. Ingin tahu cara tersebut apa saja? Coba anda simak ulasan berikut ini.

Cara Merawat Bayi Yang Mengidap GERD
Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat bayi anda yang mengidap GERD agar dapat lebih tenang, Ingin tahu cara tersebut apa saja? Coba anda simak ulasan berikut ini:

1. Cobalah untuk dapat menempatkan bayi dalam posisi tegak
Cobalah untuk dapat menempatkan bayi anda ke dalam posisi yang tegak ketika usai mengkonsumsi makanan atau seusai menyusui, hal seperti ini bertujuan untuk melancarkan sistem pencernaan yang akan mencerna makanan atau susu yang masuk ke dalam perut sang bayi.

2. Hindari kelebihan asupan makanan
Hindarilah bayi anda dari kelebihan asupan makanan yang dikonsumsinya, usahakan untuk mengatur porsi makan sang bayi anda agar sistem pencernaan bayi dapat bekerja dengan baik. Karena ketika perut bayi belum sempat mengosongkan perut secara maksimal maka perut masih terisi penuh, di tambah lagi dengan datangnya makanan baru dan ASI.

3. Hindari mengayunkan bayi
Memang mengayun-ayunkan bayi ketika sedang bermain merupakan suatu hal yang menyenangkan, namun anda juga harus berhati-hati jangan sampai anda mengayunkannya setelah menyusui karena akan dapat mengembalikan susu ke kerongkongan.

4. Jauhkan bayi anda dari penggunaan pakaian yang ketat
Pakaian bayi yang ketat, memang akan terlihat lucu jika di kenakan oleh bayi. Tapi jika sang bayi sedang menderita GERD, maka pakailah yang di pakai harus longgar. Karena dengan begitu akan dapat membantu organ lambung anda dalam mencerna makanan atau susu.

5. Cobalah membuat bayi bersendawa
Berikut ini ada 3 cara yang dapat membuat sang bayi anda bersendawa, berikut diantaranya:
  • Tegakan posisi duduk anda, dan peganglah bayi menghadap ke bagian dada. Dagu sang bayi dapat beristirahat di bahu anda dengan satu tangan menahannya, lalu gunakan tangan anda untuk menepuk punggung sang bayi secara perlahan.
  • Tahan bayi anda duduk di pangkuan anda, dan gunakan satu tangan untuk menahan dada dan kepala sang bayi dengan dagu bayi disenderkan di telapak tangan anda. Gunakan tangan anda yang lain dengan tepukan lembut di bagian punggung bayi anda.
  • Cobalah untuk membaringkan bayi anda, perut di bawah, di pangkuan anda. Lalu tahan kepala bayi anda dan pastikan lebih tinggi dada, dan kemudian tepuk punggung bayi anda dengan lembut.

Itulah cara merawat bayi yang sedang mengalami GERD atau refluks asam lambung yang dapat anda lakukan sendiri, untuk dapat membuat bayi anda menjadi lebih nyaman lagi ketika sedang beristirahat. Dan dengan cara ini juga bayi anda dapat tercegah dari GERD. (Baca juga: Cara Mengatasi Ulkus Lambung Secara Alami)
anggisaputra is offline   Reply With Quote
Sponsored Links