View Single Post
Old 8th February 2017, 10:40 AM   #1
Ketua RT
 
numpanglewat's Avatar
 
Join Date: 15 Feb 2016
Userid: 4855
Posts: 137
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Tips Merawat Tanaman Bonsai


Bonsai merupakan tanaman atau pohon yang memang sengaja di-mini-kan di dalam pot yang dangkal dengan tujuan agar bisa membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang memang sudah tua.

Dari asal katanya yang berasal dari Tiongkok, Bon berarti pot dangkal sedangkan sai berarti penanaman. Maka bonsai ialah seni tradisional Jepang dimana pemeliharaan tanaman atau pohon di dalam pot dangkal sedangkan apresiasi keindahan di dalam bentuk daun, batang, dahan serta pot dangkal sebagai wadahnya.

Memang ukurannya yang kecil bisa untuk meminimalisir pemakaian lahan serta media tanam. Tentu saja tanaman ini cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan atau mempunyai pekarangan yang sempit dan ingin memiliki tanaman hias yang indah.

Untuk merawat tanaman hias bondai, Anda lebih dahulu mengenal banyak hal tentang perawatannya. Bagi pecinta tanaman hias pasti tidak akan merasa asing lagi. Yakni pemupukan.

Pemupukan dalam perawatannya ialah termasuk memilih jenis pupuk yang benar. Pemupukan pun harus sesuai dengan kadar yang dibutuhkan. Jika terjadi berlebihan malah akan membuatnya mati.

Pupuk organik

Terdapat beberapa jenis pupuk yang dapat dipakai untuk menyuburkan tanaman seperti pupuk organik. Jenis organik ini asalnya dari bahan organik dengan kandungan zat hara alami yang sesuai dengan kebutuhan dari tanaman.

Di dalam pupuk organik terdapat unsur-unsur oenting bagi tanaman sebut saja kompos, kandang, ataupun humus. Pupuk organik ini sangat aman bagi tanaman. Biasanya hasil yang didapat dari pupuk organik ialah bonsai menjadi dapat tumbuh dengan subur, besar serta kuat.

Pupuk anorganik

Pupuk anorganik ialah pupuk yang merupakan campuran antara kimia dan organik. Pupuk anorganik atau campuran ini dapat memberikan adanya perubahan yang bagus untuk pertumbuhan si tanaman unik ini.

Selama pencampuran antara kedua pupuk seimbang maka tanaman akan menjadi tumbuh dengan baik. Jangan sampai jika terdapat lebih banyak pupuk kimia maka dapat membakar daun bonsai ini.

Baik pupuk organik maupun pupuk anorganik memang sesuaikan dengan kebutuhan tanaman bonsai ini sendiri. Oleh karena itu, agar dapat tumbuh subur maka kombinasi organik dan organik adalah suatu keharusan.

Merawat tanaman dengan baik merupakan kunci dari adanya kesuburan tanaman. Walaupun telah menghiasi rumah dengan tanaman bonsai adalah tren yang seakan tak pernah habis masanya dan mempunyai fans-nya sendiri.

Terlebih lagi pameran tanaman bonsai memang kerap mengadakan acaranya di beberapa kota tentu saja ini merupakan sarana yang tepat untuk mempelajari lebih dalam tentang berbagai ilmu yang didapat dari acara ini.

Semoga saja informasi ini bermanfaat untuk Anda. Baca juga berita menarik lainnya di Harian Bernas.
numpanglewat is offline   Reply With Quote
Sponsored Links