View Single Post
Old 11th March 2017, 10:52 AM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 16 Feb 2017
Userid: 6015
Posts: 38
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Manfaat buah markisa untuk kesehatan

Selamat pagi menjelang siang semua selamat menikmati libur akhir pekan juga ya

Akhir pekan ini ada yang berencana untuk berkunjung ke tempat wisata atau sekedar cuci mata jalan-jalan di mall atau bahkan ada yang tidak memiliki rencana apapun di weekend ini

Kali ini saya akan membahas tentang manfaat buah markisa untuk kesehatan, semuanya pasti sudah kenal dong ya dengan si buah markisa ini hehe karena tak kenal maka tak sayang ...
yuk langsung aja ke pembahasan ya

Pohon markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, yang berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika. Markisa merupakan tanaman merambat yang dapat tumbuh di dataran tinggi dengan buah yang berbentuk bulat.. Di Indonesia, terdapat 4 jenis markisa yaitu :
  • Markisa Ungu (Passiflora edulis var. edulis),
  • Markisa Erbis ( Passiflora quadrangularis),
  • Markisa Konyal (Passiflora lingularis), dan
  • Markisa Kuning (Passiflora edulis var. flavicarpa).

Apa Saja Manfaat Buah Markisa ?

Buah markisa mengandung senyawa kimia yang baik dan diperlukan tubuh untuk membantu kerja organ dan melawan penyakit. Senyawa tersebut ialah : Sumber vitamin (A, B2, B12 C, dan D), Sumber mineral (kalsium, fosfor, potasium, kalium, natrium, zat besi, dan magnesium), Beta-karotein, Serat, Anti-oksidan, Asam (folat, askorbat dan sitrat), protein, lemak, dan sebagainya. Dari kandungan tersebut, maka buah markisa sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh kita. Seperti :

1. Melawan Segala Jenis Kanker

Mengapa buah markisa bisa melawan sel kanker ? Karena dalam kandungan buah markisa seperti vitamin C, betakarotein dan antioksidan, merupakan senyawa yang mampu melawan sel kanker serta menghambat aktivitas dan penyebaran sel kanker dengan membunuh mereka dari dalam. Kanker merupakan penyakit yang paling mengerikan, meskipun kanker mudah menyerang manusia, kanker tidak mudah begitu saja disembuhkan. Untuk itu, sebagai pencegahan dan membantu mempercepat penyembuhan kanker, anda bisa mengkonsumsi buah markisa.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Vitamin bersama serat dengan serat akan bekerja sama untuk kelancaran proses pencernaan dengan membantu gerak usus dan melancarkan BAB. Usus merupakan organ pencernaan yang bisa menjadi endapan racun dan kotoran. Hal tersebut bisa menjadi masalah kesehatan yang berhubungan dengan pencernaan. Namun hal itu bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin dan serat, agar pencernaan tetap terjaga dan bersih dari segala jenis racun atau endapan kotoran.

Selain itu, buah markisa mampu mengobati hyperacidity (kelebihan asam lambung), masalah lambung dan ulkus duodenum (luka usus akibat asam lambung). Serat juga membantu mengurangi kolesterol sehingga anda bisa terbebas dari penyakit yang disebabkan oleh obesitas, membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengurangi paparan zat-zat beracun di dalam usus besar serta mengikat bahan kimia yang merupakan penyebab terjadinya kanker di usus besar. baca juga Obat herbal untuk asam lambung

3. Mengatasi Asma dan Alergi

Buah markisa merupakan obat terbaik untuk meringankan serangan asma juga sebagai anti-histamin alami bagi tubuh. Histamin adalah bahan kimia yang ditemukan di beberapa sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan banyak gejala alergi, seperti pilek, bersin - bersin, gatal-gatal, asma dsb. Dengan menjadi anti-histamin maka buah markisa bisa mengobati alergi tersebut dengan memblokir atau membatasi pelepasan histamin untuk mengurangi intensitas reaksi kekebalan tubuh.

4. Sebagai Sumber Vitamin

Vitamin yang terdapat pada buah markisa diantaranya adalah vitamin A, B2, B12, C, dan D. Dimana secara keseluruhan vitamin tersebut membantu beberapa pekerjaan bagian - bagian penting dalam tubuh kita, diantaranya membantu menjaga kesehatan organ tubuh, melancarkan aliran darah dengan menyingkirkan penghambat aliran darah, pengobatan penyakit, meningkatkan pertahanan tubuh (sistem imun) sehingga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit masuk ke tubuh kita, memberi makan sel sel tubuh, organ dan syaraf.

5. Penyedia Sumber Mineral Penting

Buah markisa mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, fosfor, potasium, kalium, natrium, zat besi, magnesium yang sangat diperlukan tubuh dan wajib terpenuhi setiap harinya. Kekurangan 1 elemen penting dari mineral tersebut maka keseimbangan tubuh akan goyah, dan bisa menimbulkan beberapa penyakit berbahaya akibat kekurangan mineral. Sebenarnya setiap jenis mineral mempunyai khasiatnya tersendiri dan berbeda fungsi, sehingga semuanya harus hadir untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

6. Penyedia Asam folat dan sitrat

Asam sitrat merupakan asam yang banyak terkandung dalam buah markisa asam. Asam tersebutlah yang membuat rasa yang begitu asam terhadap markisa. Dalam pembuatan makanan, asam sitrat berfungsi sebagai penguat rasa asam, pengawet makanan bahkan digunakan untuk beberapa produksi kebersihan. Namun dalam markisa, asam sitrat ini merupakan asam alami yang baik dan dapat anda manfaat sebagai produk kecantikan, karena asam sitrat dapat menghilangkan garis halus, keriput, kusam, mengangkat sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, menghilangkan bekas luka, jerawat, melembapkan, menghaluskan kulit wajah, mengatasi bau mulut, dan mencegah karang gigi.

Asam folat adalah senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan mental dan orak, memberikan nutrisi kepada bayi agar bayi sehat di dalam kandungan, sehingga membantunya tumbuh dengan normal, asam folat juga membantu mengurangi kolesterol dan melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, asam folat membantu menyuburkan kandungan wanita.

Jika anda ingin tubuh yang ideal dan perut yang langsing, mungkin anda bisa mengkonsumsi markisa. Namun untuk yang mempunyai asam lambung sebaiknya kurangi makan markisa yang asam, karena bisa memicu asam lambung. Terimakasih telah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat
Yayu puji lestari is offline   Reply With Quote
Sponsored Links