View Single Post
Old 25th March 2017, 05:36 AM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 7 Mar 2017
Userid: 6055
Posts: 45
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Cara Merawat Burung Merpati Yang Benar

Untuk Anda pecinta burung merpati, pasti Anda telah alami serta paham mengenai kenapa burung merpati Anda itu tak fit dalam sekian hari lalu temboloknya jadi bengkak. Biasanya burung dalam keadaan itu bakal terlihat seperti bola dengan bulu kepala berdiri.

Lalu, kalau Anda cermati dengan cara cermat bahwasannya makanannya yang tempo hari diberikan masihlah belum habis serta masihlah tersisa di tembolok. Nah, untuk Anda yang temukan ciri- ciri burung Anda diatas, anda mampu mengobatinya lewat cara menghimpit tembolok burung itu dengan cara pelan-pelan, jadi bakal ada seperti gas yang dihembuskan keluar paruh burung atau gassy crop itu berbau.

Burung dengan sour crop bakal gampang sekali muntah oleh sebagian rangsangan baik itu rangsangan cahaa ataupun rangsangan gerakan. Diluar itu, burung juga bakal gampang sekali haus (polydipsia) serta minum banyak, lalu tinjanya jadi encer, berwarna putih, berwarna hijau pekat sekali, serta bahkan juga burung juga kehilangan nafsu makan.

Nah, untuk lebih detilnya, kami bakal menerangkan pada Anda satu persatu kenapa hal itu dapat berlangsung.

Sour Crop tidaklah penyakit paling utama burung merpati, namun sour crop adalah mekanisme pertahaban diri burung merpati dikarenakan terkena penyakit Mengenai system kerjanya yakni tembolok bakal di blok dengan cara automatis oleh mekanisme pertahanan merpati itu hingga tak ada satupun makanan yang bakal diteruskan ke profentriculus serta gizzard (organ pencernaan sehabis semuanya makanan usai dihaluskan didalam tembolok) .

Ketika burung merpati diserang sour crop jadi burung bakal gampang haus serta ia banyak minum. Hal itu karena salah satunya mekanisme pertahanan hidup merpati, dikarenakan ketika diserang sour crop tak ada satu juga makanan yang bakal diteruskan ke profentriculus serta gizzard, hingga semuanya cuma tertahan di tembolok. Karenanya ada sistem pergantian ini sudah memaksa burung merpati untuk memakai cadangan energy sebagai sumber tenaga terkecuali karbohidrat. Cadangan energy yang disebut yaitu protein serta lemak.

Ke-2 senyawa itu bakal membuat glikogen (glikoneogenesis) serta lalu dipecah jadi ATP (energy) lewat sistem yang dimaksud glikoneolisis. Karenanya ada sistem ini, jadi sebabkan konsumsi air pada burung merpati bakal bertambah. hal itu karena karakter glukosa bakal menarik air. Begitu burung bakal jadi kurus.

Ketika burung merpati sakit, jadi ia bakal keluarkan tinja cair serta berwarna hijau. Hal itu karena tak terdapatnya makanan yang diolah oleh burung merpati hingga bakal memaksa burung merpati untuk memakai mekanisme Glikoneolisis yang menyebabkan pada product siswa pyruvat serta laktat turut terbuang lewat tinja serta urine. asam pyruvat serta laktat yang turut terbuang itu juga sudah tercampur dengan bilirubin (bahan dari empedu untuk mengurai lemak) yang mana pada mekanisme normal bakal dirubah jadi stercobikinogen (berwarna cokelat kekuningan) oleh bakteri.

Pada masalah itu, bilirubin tak dirubah jadi stercobillinogen. hal itu karena bakteri tak temukan bahan perkembangan yang mereka perlukan untuk hidup hingga menyebabkan pada warna tinja berwarna hijau kental.
Mengenai langkah mengobati burung merpati yang sakit itu yakni lewat cara mengisolasikan burung merpati pada kandang yang terpisah jauh dari kandang merpati yang lain. Diluar itu langkah yang lain yakni :

Anda puasakan burung merpati Anda 1 hari 1 malam. Nah, langkah tersebut kalau dimanfaatkan untuk burung merpati Anda yang telah terlanjur kurus, jadi besar kemungkinan bakal mati.
Janganlah Anda siapkan makanan atau minuman dalam kandang isolasi
Dalam saat puasa serta sepanjang 5- 7 hari, Anda berikanlah 1 tetes nystatin 2x satu hari, trimecyn 1x satu hari serta metronidazole 100mg 1x satu hari.

Setelah burung merpati Anda puasa 1 hari 1 malam dengan memakai tehnik tube feeding, Anda input makanan cair yang bisa di buat dari bubur bayi sejumlah 5- 10 ml. Anda berikan jeda 8 jam. Lalu saksikan kembali apakah makanan telah lenyap dari temboloknya, kalau belum diamkan sampai keesokan hari.

Jika tembolok burung merpati Anda masihlah belum kosong, jadi ulangilah prosedur awal serta ditambah input air+gula+ sedikit garam untuk aksi rehidrasi sejumlah 5 ml dengan tehnik tube feeding. Nah, kalau tembolok telah kempis, berikanlah lagi makanan cair jadi 15 ml sampai hari ke 5 hingga hari ke 7.

Kemudian Anda mulai berusaha untuk memberi jagung pada burung merpati Anda. nah, kalau belum pengen makan, Anda dapat melolohkan dengan cara manual dengan memakai tangan serta janganlah lupa berikan minum sedikit untuk sedikit setiap 8 per 12 jam.

Sumber :

1. http://hargacara.com/burung-gereja.html
2. http://hargacara.com/harga-burung-dara.html
3. http://hargacara.com/harga-burung-betet.html
geobird is offline   Reply With Quote
Sponsored Links