View Single Post
Old 1st April 2017, 10:22 AM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 16 Feb 2017
Userid: 6015
Posts: 38
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Exclamation Bahaya diet dengan cara yang salah

Berat badan memang merupakan sesuatu yang perlu di perhatikan, karena jika kita sampai tidak mempedulikan masalah berat badan ini akan menjadi sesuatu yang dapat memberikan efek buruk selain pada penampilan tentu dampaknya pada kesehatan. Disini saya akan membahas tentang berat badan berlebih dan cara diet yang salah .

Berat badan berlebih memang merupakan suatu masalah bagi sebagian orang apalagi bagi perempuan, selain untuk menunjang penampilan, memiliki berat badan berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Tidak heran jika banyak orang yang melakukan program diet ketat tanpa mempedulikan dampak buruk dari apa yang mereka lakukan. "Intinya asal berat badan turun!" Stop ini merupakan sesuatu yang sangat salah. Tahukan anda jika kita melakukan diet yang salah, bukan badan ideal yang akan anda dapat, tapi mungkin malah penyakit. Untuk itu anda harus berhati-hati, jika ingin menurunkan berat badan hendaknya anda memahami dulu beberapa program diet yang bisa menjadi acuan anda untuk menurunkan berat badan.

Berikut ini adalah dampak buruk dari cara diet yang salah bagi kesehatan:

1. Daya tahan tubuh menurun

Saat tubuh tidak mendapatkan asupan gizi yang memadai, maka sel-sel dalam tubuh juga tidak mendapatkan nutrisi yang cukup setiap hari. Akibatnya, daya tahan tubuh menurun dan gampang terkena penyakit.

2. Eating disorder

Anda pasti pernah mendengar bulimia dan anoreksia? Pada prinsipnya, anoreksia dan bulimia digolongkan sebagai weight-phobia alias penderita takut berat badannya bertambah. Secara umum, anoreksia dapat diartikan sebagai kehilangan selera makan. Perasaan takut gemuk adalah penyebab penderita anoreksia menahan nafsu makan secara tidak wajar, hingga banyak yang akhirnya kehilangan selera makannya dan tidak sadar kalau tubuh mereka benar-benar sangat kurus.

Sedangkan bulimia adalah penyakit yang ditandai dengan makan secara berlebihan, kemudian memuntahkan nya kembali untuk menjaga agar berat badan tidak naik. Dibandingkan penderita anoreksia yang dapat dikenali dengan mudah karena bentuk tubuhnya yang sangat kurus, penderita bulimia biasanya memiliki berat badan yang stabil bahkan cenderung ideal.

3. Risiko anemia

Khususnya terjadi pada wanita yang membutuhkan zat besi lebih banyak karena mengalami fase menstruasi, program diet instan biasanya akan memangkas kebutuhan nutrisi tubuh secara berlebihan, sehingga mengakibatkan tubuh kekurangan zat gizi penting yang dibutuhkan dalam kinerja tubuh sehari-hari.

Kebutuhan zat besi wanita 2 kali lebih besar daripada pria, seseorang yang mengalami kekurangan zat besi biasanya mengalami lelah yang berkepanjangan, sesak napas, sering pusing, dan mudah tersinggung.

4. Membahayakan organ hati

Berdasarkan Journal Physiology of Gastrointestinal and Liver Physiology, berat badan seseorang mengalami penurunan drastis, ternyata juga berpengaruh negatif pada organ hati. Berat badan yang tidak stabil dapat meningkatkan kandungan lemak pada hati, hal tersebut dapat membawa seseorang pada risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit-penyakit degeneratif yang berhubungan dengan organ hati.

5. Memicu batu empedu

Kantung empedu adalah organ yang berada di bawah hati, tugasnya membantu penyimpanan lemak sampai tubuh membutuhkannya. Namun jika anda melakukan diet dan berhasil kurus dalam waktu singkat, besar risiko munculnya batu empedu. Batu empedu merupakan pengerasan kolesterol yang membahayakan kesehatan, sebab batu empedu juga memicu infeksi pada aliran normal kantung empedu ke usus kecil.

Itu adalah beberapa dampak buruk yang akan terjadi pada tubuh jika anda melakukan diet yang salah atau asal-asalan. "Ingat ya diet itu bukan tidak makan", tolong buang jauh-jauh anggapan anda tentang jika ingin menurunkan berat badan anda tidak boleh makan, tubuh kita itu butuh makanan jadi jangan gara-gara sedang diet anda tidak mau makan bahkan tidak makan seharian. Ini akan menjadi sesuatu yang berbahaya yang akan mengancam kesehatan tubuh anda.

Quote:
Untuk itu lebih baik andan memahami atau mengetahui tentang Tips Diet Sehat Yang Aman Bagi Tubuh
Yayu puji lestari is offline   Reply With Quote
Sponsored Links