View Single Post
Old 29th May 2017, 11:17 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 13 Dec 2016
Userid: 5878
Posts: 496
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Asam Lambung Naik Saat Puasa? Lakukan Cara Berikut ini



Pastikan untuk tidak melewati waktu sahur

Menjalani puasa saat asam lambung naik bisa menjadi sumber kekacauan hari Anda. Untuk menghindarinya, Anda harus makan ketika sahur. Melewatkan makan sahur bisa memperparah asam lambung Anda di siang hari, sebab perut kosong selama seharian. Tak hanya menjadi ‘bekal’ dari puasa, makanan yang masuk ke dalam perut Anda saat sahur juga dapat mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

Segera berbuka ketika sudah waktunya

Setelah tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam, perut Anda yang kosong tersebut harus segera diisi dengan makanan. Jangan menunda-nunda untuk mengisi perut Anda saat berbuka. Perut butuh mencerna makanan, sehingga asam lambung yang diproduksi bisa langsung digunakan untuk memecah makanan yang masuk.

Makan dengan perlahan

Salah satu hal yang harus diingat bila menjalani puasa saat asam lambung naik adalah makan dengan pelan-pelan. Boleh saja lapar saat berbuka puasa, tapi jangan mengikuti nafsu Anda untuk makan terlalu lahap tanpa dikunyah dengan baik. Makanan yang tidak dikunyah dengan benar, malah akan memicu asam lambung meningkat. Oleh sebab itu, makanlah dengan perlahan, nikmati makanan Anda, dan Anda pun tidak akan merasakan sakit akibat asam lambung naik.

Makan dengan porsi kecil

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil namun sering adalah salah satu kunci untuk mencegah asam lambung naik. Meskipun Anda merasa sangat lapar ketika waktu berbuka datang, usahakan untuk tidak terlalu makan banyak terlebih dahulu. Perut Anda perlu waktu untuk mencerna makanannya. Apabila Anda langsung makan dengan porsi banyak seperti ‘balas dendam’ malah akan merangsang naiknya asam lambung.

Begitu pun ketika Anda makan sahur, sebaiknya makan dengan porsi yang kecil-kecil. Jadi, jangan bangun terlalu mepet dengan waktu imsak, sediakan waktu sekitar tiga-dua jam untuk sahur, sehingga Anda juga tidak terburu-buru saat makan makanan Anda.

Hindari hal-hal yang merangsang asam lambung naik

Tidak hanya mengatur porsi makan saja, bagi Anda yang punya riwayat asam lambung naik, maka memilih makanan yang tepat juga harus dilakukan. Beberapa makanan yang hanya akan merangsang kenaikan asam lambung yaitu:
  • Minuman berkarbonasi, seperti soda
  • Tomat
  • Bawang
  • Makanan pedas
  • Makanan berlemak tinggi, seperti gorengan
  • Makanan dan minuman berkafein, cokelat, kopi, dan teh
  • Citrus, seperti berbagai macam jeruk

Semua makanan tersebut tentunya harus Anda hindari, entah itu ketika makan sahur atau berbuka puasa, sebab hanya akan memicu asam lambung naik ketika Anda berpuasa.

Tapi ko banyak aturan sekali ya jadinya kan malas . Eh tapi banyak orang penderita maag bahkan dokter spesialis penyakit dalam yang telah merekomendasikan Pengobatan Herbal Dari Jelly yang satu ini, yang ternyata khasiatnya dapat menyembuhkan penyakit maag sampai tuntas, mengatasi asam lambung yang kumat, mengobati tukak lambung, dll .
destidesty is offline   Reply With Quote
Sponsored Links