View Single Post
Old 23rd July 2017, 12:05 AM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 7 Mar 2017
Userid: 6055
Posts: 45
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Penyebab Harga Telur AYam Mulai Mahal

Perjuangan peternak beda branjangan jantan dan betina ayam petelur Blitar sudah membawa hasil. Sekarang ini harga telur menjangkau angka terpuncak dalam histori. Per kg telur dapat terjual di kisaran harga Rp 19. 500 dari peternak.

Menurut seseorang peternak Desa Dadaplangu Kec Ponggok Kab Blitar, Sukarman, kenaikan harga telur ini di dukung beraneka factor. Namun yang paling utama yaitu kekompakan peternak Blitar.

" Saat ini peternak sini kompak. jenis lovebird lutino Kalau dahulu jalan sendiri-sendiri nyatanya ini digunakan beberapa broker khususnya Jakarta. Makanya saat ini kompak, jadi disparitas harga telur pada Blitar serta Jakarta cuma di kisaran Rp 1. 500/kg, " jelas Sukarman didapati di kandangnya, Sabtu (22/7/2017) .

Dahulu harga telur dari peternak Blitar cuma kisaran Rp 13. 600 dari peternak Blitar. Namun harga di pasar Jakarta dapat menjangkau Rp 22. 000/kg. Sedang sekarang ini, harga di market Blitar sekitar Rp 20. 000/kg. Sesaat di pasar Jakarta di kisaran harga Rp 22. 000/kg.

baca jenis lovebird albino

Ketidaksamaan harga itu, lebih Sukarman, sesudah untuk cost produksi, transportasi serta entre (Wadah telur).

" Harga etre masih tetap begitu mahal, Rp 60. 000 per bendel itu bisa 70 buah etre. Namun kami juga kompak mencari yang second dengan keadaan masih tetap bagus, dapat kurangi cost buat beli etrenya, " lanjutnya.
Harga telur dari peternak ayam di Blitar tinggi/Harga telur dari peternak ayam di Blitar tinggi/Photo : Erliana Riady

Terkecuali factor kekompakan, kenaikan harga telur juga karna keinginan jadi lebih tinggi sewaktu produksi alami penurunan. " Produksi telur alami penurunan karna di serang virus seperti flu burung. Namun cuma pengaruhi produksi telur tidaklah sampai pada kematian. Karena virus itu produksi turun dari 90% jadi 40%, " tutur sesepuh peternak Blitar ini.

Jurus dari Ditjen Peternakan serta Kesehatan (PKH) Kementan, juga dinilai Sukarman begitu tepat bikin harga telur meroket. " Saya terima kasih sekali sama Ditjen PKH. Saya akui Ditjen PKH tegas serta efisien langkahnya. Mereka minta kami yang miliki populasi ayam diatas 100 ribu mengafkir ayam berumur 70 minggu, " bebernya.
geobird is offline   Reply With Quote
Sponsored Links