View Single Post
Old 7th August 2017, 10:33 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 15 Apr 2017
Userid: 6154
Posts: 4
Real Name: Siswo
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Ketahui Beberapa Sunnah Wudhu di Sini

Wudhu merupakan suatu yang mesti ditunaikan sebelum melakukan sholat. Salah satu syarat sahnya sholat yakni wudhu. Wudhu sendiri mempunyai makna secara istilah yakni bersihkan anggota badan tertentu bersama dengan air bersama dengan tujuan untuk bersihkan hadats kecil.

Sedangkan secara bhs wudhu mempunyai makna bersih dan indah. Wudhu sendiri tidak bisa sembarang dilakukan, ada kriteria wudhu, rukun wudhu, dan sunnah wudhu. Pada artikel ini, kami bakal mengkaji tentang sunnah wudhu.

Sunnah Wudhu

Sunnah wudhu merupakan perihal yang ada di dalam wudhu yang misalnya ditunaikan maka bakal beroleh pahala, dan misalnya tidak ditunaikan tidak mendapat dosa. Ada banyak sunnah wudhu yang mesti diketahui. Karena sunnah wudhu merupakan perihal yang mudah namun punya nilai ibadah atau punya nilai pahala. Berikut ini adalah lebih {dari satu} sunnah wudhu yang mesti kami ketahui.

1. Membaca bismillah pas bakal mengawali wudhu.
2. Mencuci atau membersihkan ke dua telapak tangan batasnya yakni dari telapak tangan hingga pergelangan tangan.
3. Berkumur.
4. Menghirup air bersama dengan ke dua lubang hidung selanjutnya membuang lagi.
5. Mengusap rambut bersama dengan air.
6. Mengusap daun telinga kenakan air.
7. menyela setiap celah jari kaki kiri dan kanan.
8. Mengulangi sebanyak 3 kali setiap anggota tubuh yang terhitung anggota wudhu.
9.Mendahulukan anggota anggota kanan khususnya dahulu.
10. Membaca doa setelah wudhu.

Demikian sunnah wudhu yang mesti kami ketahui dan lakukan agar wudhu yang ditunaikan ditambah nilai ibadah atau pahalanya. Hal benar-benar mesti diperhatikan adalah rukun-rukun wudhu. Karena misalnya rukun wudhu ada yang tidak ditunaikan atau tidak benar dalam mobilisasi rukun-rukun wudhu maka wudhunya tidak sah.

Apabila wudhunya tidak sah maka secara otomatis sholat yang bakal ditunaikan terhitung menjadi tidak sah. Karena wudhu sendiri merupakan tidak benar satu rukun sholat. Jadi dalam melakukan wudhu benar-benar mesti diperhatikan, dipelajari, dan dimengerti agar tidak terjadi kesalahan dalam berwudhu.

Demikian penjelasan tentang sunnah-sunnah wudhu yang mesti diketahui dan diperhatikan agar wudhu yang ditunaikan mendapat nilai ibadah dan pahala secara maksimal. Semoga bermanfaat.

Last edited by Siswo; 1st November 2017 at 02:03 PM..
Likes:(1)
Siswo is offline   Reply With Quote
Sponsored Links