View Single Post
Old 9th August 2017, 02:20 AM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 3 Nov 2015
Userid: 4493
Location: jakarta
Posts: 6
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Ini Manfaat Pelatihan dan Pengembangan Usaha Kecil Menengah

Mendirikan suatu usaha saat ini menjadi salah satu solusi tidak hanya untuk mendapatkan penghasilan namun juga dapat membantu untuk membuka lapangan kerja. Akan tetapi, bagi para pengusaha UKM yang tidak jarang memiliki pengetahuan yang terbatas membuat usaha yang dibangunnya tidak dapat bersaing dengan usaha yang sebanding misalnya usaha UKM yang ada di desa. Salah satu solusi yang dapat Anda terapkan adalah memberikan pelatihan praktis wirausaha dan pengembangan usaha.

Terdapat beberapa manfaat dari adanya pelatihan dan pengembangan UKM tersebut. Pertama adalah menambah ilmu. Dengan adanya pelatihan dan pengembangan untuk usaha kecil menengah tersebut maka pengusaha UKM yang awalnya tidak mengetahui hal yang berkaitan dengan usaha seperti cara berpromosi dengan menggunakan internet menjadi lebih tahu dan kemudian menggunakan media tersebut sehingga penjualan menjadi lebih optimal.

Kedua dalah dengan memiliki pandangan yang lebih jelas. Jika sebelumnya para pengusaha UKM hanya dapat menerka-nerka dan dapat meningkatkan resiko kegagalan yang lebih besar maka dengan adanya pelatihan dan pengembangan tersebut dapat membantu para pengusaha UKM tersebut memperjelas langkah yang akan diambilnya sehingga dapat meminimalkan resiko kegagalan.

Manfaat lainnya dari adanya pelatihan dan pengembangan usaha kecil menengah ini adalah sebagai pemberdayaan UKM di Indonesia yaitu:

Meningkatkan kinerja sehingga para pengusaha tersebut dapat memperoleh ilmu baru yang akan dapat menghasilkan inovasi yang baru untuk bisnis yang dijalankan.
Membantu untuk memecahkan masalah. Terkadang, para pengusaha kecil menengah memiliki pertanyaan terkait dengan pembangunan dan pengembangan usaha yang dilakukan namun tidak memiliki wadah dimana dapat memperoleh solusi. Dengan pengembangan dan pelatihan tersebut, maka para pengusaha UKM dapat bertanya dan memperoleh jawaban yang tepat dan sesuai dengan yang diinginkan sehingga dapat memajukan usaha kecil menengahnya.
Membantu untuk pembentukan sikap. Walaupun masing-masing pengusaha sudah menentukan sikap dan tingkah laku yang tepat namun dengan pelatihan dan pengembangan ini dapat membantu untuk menyempurnakannya misalnya dalam menghadapi konsumen ataupun distributor atau supplier.
Mempersiapkan keahlian untuk kepentingan jangka panjang yang dapat berguna bagi para pengusaha UKM.
freshimy is offline   Reply With Quote
Sponsored Links