View Single Post
Old 26th September 2017, 11:46 AM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 26 Sep 2017
Userid: 6538
Posts: 2
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Bagaimana para pengusaha sukses membangun bisnisnya dari nol?

Memiliki usaha dan menghasilkan banyak uang yakni impian hampir seluruh orang. Namun, membikin sebuah usaha terus berkembang bukanlah perkara mudah. Ada beraneka-macam sistem yang mesti dilaksanakan untuk bisa mengoptimalkan usaha layak dengan yang diharapkan.

Kian yang secara khusus dalam mengerjakan usaha hal yang demikian yaitu kesabaran, dan juga memfokuskan energi serta pikiran untuk terus berusaha memaksimalkan usaha. Kian ini tentunya akan membutuhkan waktu yang lama dan daya yang tidak sedikit. Tak keras dan cerdas dalam berusaha, akan semakin baik dan kencang pula hasilnya.

Banyak pengusaha di Indonesia memulai bisnisnya dari nol. Berkat ketekunan dan keuletan, mereka berhasil menjadi salah satu orang kaya di Indonesia seperti pengusaha harga polybag untuk tanaman.

Salah satu pengusahanya yaitu Alm Bob Sadino. Bob sadino adalah salah satu pengusaha asal Indonesia yang merangkak dari nol dan terus berkembang sampai menjadi pengusaha besar. Pengusaha yang satu ini sempat menjadi seorang karyawan selama 9 tahun lamanya, tapi ia menentukan untuk keluar dan mencoba untuk menjadi seorang pengusaha.

Seperti kebanyakan orang, usahanya tak lantas mewujudkan kesuksesan yang besar. Bob sadino mencoba usaha penyewaan mobil melainkan tak berjalan lancar. Kemudian karena terdesak ia malahan bekerja menjadi buruh bangunan sambil berusaha kembali dengan berjualan ayam. Dengan modal pinjaman dari tetangga, Bob pun memulai usahanya berdagang telor secara kecil-kecilan dari rumah ke rumah. Tidak disangka usahanya terus menanjak dan dia pun melanjutkan usahanya ke bermacam-macam bidang yang lain.

Tak cuma Bob sadino, Sunny Kamengmau juga merintis usaha dari nol. Pria yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini sudah sukses membikin produk berupa tas dengan merek yang bernama Robita. Malah yang satu ini benar-benar populer pun di luar negeri seperti di Jepang dan sebagian daerah lainnya. Dampak ransel ini cukup populer di kalangan para sosialita tanah air karena mutu dan keunikannya.

Sunny ialah orang yang tidak memecahkan pendidikan SMA dan nekat merantau ke Bali untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Pada awalnya ia cuma menjadi seorang tukang sapu. Saat ketekunannya dan juga motivasi dalam berusaha, alhasil ia mencoba untuk berjualan tas dan akibatnya menjadi pengusaha dengan omset yang besar hingga kini.

Dari pada hanya mengagumi, lebih bagus Anda mulai membuat usaha dari kini dan meniru jejak sukses mereka, dengan memulai langkah-langkah seperti berikut ini.

1. Buat strategi

Selain melaksanakan sebuah bisnis atau usaha, terpenting untuk usaha skala menengah ke atas, dibutuhkan strategi dan perencanaan yang bagus dan matang. Anda patut membuat taktik dan perencanaan mulai dari pemasaran, tarif, visi, misi, target, dan lain-lain. Kian ini diperlukan supaya usaha Anda bisa berkembang menuju tingkatan yang lebih baik.

Tujuan strategi yaitu untuk memudahkan dan juga membantu Anda supaya bisa memperhitungkan anggaran-anggaran yang diperlukan serta tak melenceng dari sasaran.

Cara itu, taktik juga digunakan supaya pengusaha juga bisa senantiasa fokus. Dengan adanya strategi bisnis, bagus itu untuk waktu bulanan, maupun tahunan, akan membikin Anda dapat lebih fokus dan bisa lebih bagus dalam menjalankan usaha Anda nantinya.

2. Kenali pesaing

Saat berhasil bisnis dari nol selanjutnya ialah mencoba untuk mengenal dan mengetahui bagus strategi atau malahan hal-hal yang dimiliki oleh para pesaing Anda. Kian ini tentu saja termasuk juga kelebihan, kekurangan, cara promosi dan lain-lain.

Dengan mengetahui para pesaing, terutama mereka yang berhasil juga dapat membuat Anda mengenal apa saja yang patut dilaksanakan dan hal-hal yang tidak dilaksanakan. Semakin ini juga menuntut Anda untuk terus senantiasa mengerjakan hal yang berbeda dengan para pesaing dengan sistem penemuan dan kreasi baru.

Strategi ini juga dibutuhkan untuk mendapatkan poin tambah produk Anda dilirik oleh para konsumen diperbandingkan dengan banyaknya produk lain dari para pesaing.

3. Hemat biaya operasional

Selain Anda akan mengoptimalkan usaha supaya menjadi lebih besar, Anda tidaklah semestinya mengeluarkan biaya yang lebih besar atau lebih banyak khususnya untuk hal-hal yang dirasa tak perlu.

Para pelaku usaha tidak harus mengeluarkan tarif yang besar dalam hal operasional ketika permulaan usaha dibuka. Usahakan agar Anda hanya mengeluarkan biaya untuk hal yang penting dan memang perlu dikerjakan saja.

Kreativitas benar-benar dibutuhkan untuk dapat menekan tarif-biaya yang tak perlu dan bisa dihemat. Carilah ide-inspirasi baru dalam hal marketing atau pemasaran yang hanya membutuhkan biaya yang kecil dan murah.

Seperti melakukan marketing melewati jalur online seperti membuat toko online dibandingkan dengan membuat atau menyewa warung di mal yang pastinya memerlukan biaya yang cukup besar.

4. Survei harga pasar

berharap mengoptimalkan usaha Anda menjadi lebih baik lagi, telah mesti Anda mengenal poin harga pasar secara umum, real time dan lebih komplit.

Semakin hal yang demikian bertujuan untuk mengetahui harga pasar yang hakekatnya dan mengetahui harga secara pas dari waktu ke waktu.

Dengan mengenal harga pasar secara real time, Anda bisa bersiaga dan mengambil langkah baru seandainya harga yang ada di pasaran mengalami kenaikan maupun penurunan yang signifikan.

5. Tekun atau Ulet

supaya berhasil berbisnis dari nol selanjutnya merupakan mempunyai sikap konsentrasi dan ulet. Tanpa sikap mental tersebut, apa saja taktik Anda tidak akan sukses.

Jangan mudah menyerah dan gampang termakan terhadap usaha musiman yang bukan core bisnis atau persaingan Anda.
cater3hari is offline   Reply With Quote
Sponsored Links