View Single Post
Old 1st January 2018, 11:16 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 1 Jan 2018
Userid: 6796
Posts: 1
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Menghitung Volume dan Luas Permukaan Tabung

Tabung atau silinder adalah bangun 3 dimensi yang sangat sering kita temui. Tabung memiliki dua permukaan berbentuk lingkaran di bagian atas dan bawah, keduanya dihubungkan oleh sisi tegak yang melengkung.

Tentunya penting untuk memahami cara menghitung rumus dan luas permukaan tabung jika kita ingin lulus dalam ujian matematika. Mencari volume dan luas permukaan merupakan hal yang mudah, kita hanya butuh mengingat rumus untuk menghitungnya. Akan tetapi, banyak orang berpendapat bahwa rumus-rumus dan perhitungan seperti itu tidak berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Perhitungan seperti itu sebenarnya dapat berguna sewaktu-waktu. Contohnya jika kita ingin mengetahui seberapa banyak padatan, cairan, atau gas yang bisa ditempatkan di dalam suatu wadah berbentuk tabung. Misalnya Anda ingin mengetahui seberapa banyak soda yang bisa dimasukkan dalam suatu kaleng berbentuk tabung. Jika Anda memahami cara mencari volume tabung, Anda dapat menemukan jawaban tersebut dengan sangat mudah.

Volume juga berguna untuk mengetahui bahan yang diperlukan untuk membuat tabung padat/pejal. Sedangkan rumus luas permukaan berguna jika kita ingin mengetahui seberapa banyak bahan yang diperlukan untuk membuat suatu objek dengan bentuk tabung berongga.


Rumus Volume Tabung

Volume tabung dapat kita hitung dengan mengalikan luas alas tabung tersebut dengan tinggi tabung tersebut:

Volume Tabung = Luas Alas Tinggi

Luas alas dapat dicari dengan rumus lingkaran πr2, dimana r merupakan jari-jari:

Luas Alas Tabung = πr2

Sehingga didapatkan rumus:

Volume Tabung = πr2 t

Karena diameter merupakan 2 kali dari jari-jari, rumus juga bisa ditulis:

Volume Tabung = 1/4 πd2 t


Rumus Luas Permukaan Tabung

Luas permukaan tabung dapat diketahui dengan menambahkan luas dua permukaan berbentuk lingkaran di atas dan bawah, lalu ditambahkan dengan luas permukaan selimut (sisi tegak yang melengkung).

Luas Permukaan Tabung = 2Luas Alas + Luas Selimut

Luas alas dapat dicari dengan rumus luas lingkaran πr2:

Luas Alas Tabung = πr2

Selimut tabung dapat dianggap sebagai persegi panjang, dimana keliling lingkaran merupakan panjang dari persegi, dan tinggi tabung merupakan lebar dari persegi tersebut, atau sebaliknya. Sehingga luas selimut dapat dihitung dengan mengalikan keliling alas lingkaran dan tinggi tabung. Karena keliling lingkaran dapat dicari dengan rumus 2πr atau πd, maka didapatkan rumus:

Luas Selimut Tabung = Keliling Alas Tinggi Tabung
Luas Selimut Tabung = 2πr t
atau
Luas Selimut Tabung = πd t

Dengan menggunakan rumus luas alas dan luas selimut, maka didapatkan rumus sebagai berikut:

Luas Permukaan Tabung = 2Luas Alas + Luas Selimut
Luas Permukaan Tabung = 2πr2 + 2πrt
atau
Luas Permukaan Tabung = 2πr(r+t)
akutahu is offline   Reply With Quote
Sponsored Links