View Single Post
Old 21st May 2013, 09:28 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Perkembangan Ekonomi Indonesia Jadi Kekuatan Dunia

Spoiler

Quote:
Menko Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, perkembangan ekonomi Indonesia sejak reformasi 1998 lalu telah meraih capaian menggembirakan, yakni pertumbuhan di atas 6 persen. Sececara fundamental ekonomi RI pasca reformasi juga lebih baik.

"Namun, pencanangan reformasi tidak boleh hanya sekali. Harus ada reformasi gelombang kedua yakni politik kesejahteraan untuk mengurangi kesenjangan," kata Hatta dalam acara diskusi "15 Tahun Reformasi: Renungan dan Tantangan", di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (21/5/2013).

Menurut dia, Indonesia memerlukan pasar sosial yang terbuka di mana rakyat miskin mendapatkan perlindungan. "Kita setuju pasar terbuka, tapi kita tak setuju ketidakadilan. Intinya, justice for all. Banyaklah yang harus kita perbaiki," paparnya.

Disebutkan, dampak reformasi yang telah berjalan selama 15 tahun sejak 21 Mei 1998 lalu, tidak hanya positif bagi sisi politik dan birokrasi yang lebih terbuka. Reformasi yang masih terus bergulir ini juga memberi dampak terhadap bangkitnya ekonomi RI menjadi salah satu kekuatan dunia.

"Gelombang reformasi menghasilkan perkembangan ekonomi yang menggembirakan. Indonesia masih mengalami growth di atas 6 persen, disokong fundamental ekonomi yang relatif baik," ujar Hatta.

Dampak reformasi juga terlihat dari peningkatan kesejahteraan penduduk Indonesia, di mana jumlah kelas menengah tumbuh pesat hingga di atas 55 juta orang. Dengan jumlah ini, RI memiliki pasar paling besar dan potensial dari seluruh negara ASEAN.

Selain itu, peningkatan pertumbuhan perekonomian nasional, menurut dia, juga telah menjadikan RI termasuk 15 besar ekonomi dunia dan menjadi anggota kelompok G-20.

Dia menegaskan, reformasi tidak boleh mati suri pasca 15 tahun gerakan reformasi di Indonesia. "Karena itulah yang membuat demokrasi berjalan dan terhindar dari kemungkinan kembalinya rezim otoritarian yang memang tidak boleh terjadi," kata Hatta.

Dikatakan, berbagai langkah perubahan demokratisasi, institusi dan prosedur politik telah dilakukan dalam bentuk transformasi nyata dan pro-rakyat karena adanya reformasi.
Sumber: http://bit.ly/13EarrF
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links