View Single Post
Old 25th May 2013, 04:20 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Kenaikan BBM akan Perkecil Utang Negara

Spoiler

Quote:
Rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang dilakukan oleh pemerintah memiliki dua tujuan. Pertama untuk menerapkan keadilan anggaran, sementara yang kedua adalah menerapkan kebijakan penyesuaian BBM.

"Maksudnya itu mengalokasikan anggaran subsidi ke masyarakat yang kurang mampu," ujar Menteri Keuangan Chatib Basri, saat ditemui usai acara pelantikan Agus Marto sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) di Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Chatib menjelaskan, saat ini alokasi anggaran lebih berorientasi kepada kelas menengah ke atas yang disubsidi. Dengan keadilan anggaran, dia berencana menyelamatkan rakyat kecil dengan program Keluarga Harapan (PKH), Beras Murah (Raskin), Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

Sedangkan pada tujuan kedua mengenai kebijakan penyesuaian BBM, hal tersebut akan dapat memperkecil defisit yang secara kelanjutan dan ini akan dapat memangkas utang negara.

"Memperkecil defisit itu tujuannya yakni untuk membuat utang negara lebih kecil, kalau kita tidak melakukan itu maka utang kita akan meningkat lebih besar lagi," tutup Chatib.
Sumber: http://bit.ly/10swosY
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links