View Single Post
Old 1st June 2013, 08:48 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Hatta Optimistis Ekonomi Tumbuh 6% Meski BBM Naik

Spoiler

Quote:
Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi di Tanah Air tetap bisa berada di atas enam persen pada kuartal II-2013 kendati ada kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

"Saya tetap optimistis pertumbuhan ekonomi bisa di atas enam persen pada kuartal II. Ini karena kuartal I saja pertumbuhannya 6,02 persen. Saya melihat konsumsi saat ini makin cukup baik," ujar Hatta, usai acara perayaan ulang tahun lembaga pembiayaan mikro milik pemerintah Permodalan Nasional Madani ke-14, di Jakarta, Sabtu (1/6/2013).

Hatta menjelaskan, sampai saat ini pertumbuhan investasi belum menunjukkan tanda-tanda melemah, walaupun siklus investasi pada barang modal agak sedikit menurun. Di sisi lain, ada perbaikan pada sektor perdagangan nonmigas yang perlu dikendalikan dan diperhatikan.

Mengenai kenaikan harga BBM bersubsidi, Hatta meminta kepada publik agar tidak lagi memperdebatkannya. Karena saat ini pemerintah bersama DPR sedang melakukan pembahasan terkait itu, termasuk pemberian kompensasi bagi masyarakat miskin atas kenaikan harga BBM tersebut.

"Adanya Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), masyarakat yang terkena dampak nantinya bisa diatasi dan itu akan berjalan sesuai dengan pembahasan APBNP. Kita tidak perlu terlalu khawatir. Karena yang penting itu buat kita agar daya beli masyarakat tidak menurun," tukasnya.

Namun demikian, hingga saat ini pemerintah masih tengah melakukan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Biaya Negara Perubahan (RAPBNP) 2013. Dimana dalam RAPBNP tersebut pemerintah menyebutkan rencananya atas kenaikan harga BBM bersubsidi jenis solar dan premium.

Dalam pembahasan tersebut, pemerintah mengusulkan adanya biaya-biaya kompensasi bagi masyarakat miskin yang perlu dituangkan dalam APBNP 2013 untuk menjaga daya beli masyarakat.
Sumber: http://bit.ly/12VAxaH
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links