View Single Post
Old 3rd June 2013, 05:04 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Menkeu: Deflasi Kuncinya di Pangan

Spoiler

Quote:
Indeks Harga Konsumen (IHK) mencatat terjadi deflasi sebesar 0,03 persen pada Mei lalu. Penyebabnya, adalah karena harga stok bahan pangan sudah mulai mengalami penurunan.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengaku bersyukur pada Mei terjadi Inflasi. Menurutnya, jika pasokan dan distribusi makanan tetap dijaga maka inflasi akan dapat diredam.

"Saya belum cek. Soalnya ini yang saya bilang waktu itu kalau ada upaya supaya distribusi makanan dijaga, pasokan dijaga, itu inflasi bisa kita redam," kata Chatib di Gedung DPR RI Jakarta, Senin (3/6/2013).

Chatib mengatakan, kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan memicu kenakan inflasi 2,4 persen. Namun, dia percaya inflasi masih bisa dijaga pada angka 7,2 persen hingga akhir jika dilakukan upaya mitigasi dengan menjaga pasokan dan distribusi.

"Memang upaya mitigasi dengan jaga pasokan dan jalur distribusi mungkin bisa mencegah supaya inflasi tidak setinggi seperti pada waktu itu kan Bank Indonesia (BI) muncul dengan 7,76 persen," Jelasnya.

Chatib mengatakan, dengan menjaga pasokan dan distribusi pangan maka bulan Mei terjadi deflasi. Sehingga dampak 2,4 persen dari kenaikan BBM dapat dikendalikan.

"Dengan menjaga pasokan dan distribusi kita bisa deflasi. Ini artinya bikin kita cukup optimis bahwa dampak yg 2.4 persen itu bisa dikendalikan sepanjang tahun," tukas dia.
Sumber: http://bit.ly/17QznnG
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links