View Single Post
Old 7th June 2013, 09:01 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Harga Telur & Daging Ayam Mulai Naik

Spoiler

Quote:
Kenaikan harga barang kebutuhan pokok masih terus terjadi di Karanganyar, Jawa Tengah. Giliran harga telur ayam dan daging ayam yang merambat naik.

Pedagang bahkan tidak berani memotong ayam dalam jumlah besar seperti biasa. Pedagang dan pembeli sama-sama resah dengan kondisi harga yang tidak menentu.

Kenaikan harga daging ayam dan telur ayam ini terjadi di sejumlah pasar tradisional di Karanganyar Jawa Tengah. Salah satunya di pasar palur Desa Ngringo Kecamatan Jaten ini.

Sebagai pasar terbesar di perbatasan pasar ini menjadi tempat kulakan dari para pengecer. Sudah satu minggu terakhir kenaikan harga telur ayam terjadi, dari harga normal Rp12 ribu per kilogram (kg), kini merambat menjadi Rp17 ribu per kg, bahkan di beberapa kios harga mencapai Rp18 ribu per kg.

Hal serupa juga terjadi pada daging ayam potong. Sebelumnya harga daging ayam hanya berkisar Rp20 ribu hingga Rp22 ribu per kg. Namun perlahan harga naik menjadi Rp25 ribu hingga Rp28 ribu per kg.

Sukiyem salah satu pedagang daging ayam mengatakan, pedagang kini memilih untuk menjual daging ayam fillet, walau untungnya sedikit namun tidak ada pilihan lain daripada merugi.

"Jual filletan itu tidak menguntungkan, sedikit lah untungnya. tapi daripada tidak laku mending jual filletan." ujar Sukiyem kepada wartawan, Jumat (7/6/2013).

Para pedagang pun mengurangi jatah pemotongan ayam agar tidak mengalami kerugian. Pasalnya ayam yang tidak laku sudah tidak bisa dijual kembali.

Hal ini meresahkan para pedagang dan juga para pembeli. Setiap tahun kejadian ini selalu berulang dan tidak ada solusi, salah satu pembeli Oni Andrianto berharap agar pemerintah turun tangan, menurut Oni kenaikan harga yang terjadi lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

"Ya minta pemerintah agar bisa mengatur kuota, agar permintaan itu seimbang. tidak tahu itu permainan dari mana, tapi selalu begitu. harga saat ini, melebihi harga pada lebaran kemarin." tutur Oni.
Sumber: http://bit.ly/11l7mLH
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links