View Single Post
Old 9th June 2013, 04:18 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Sisi Lain Kenaikan Harga BBM Subsidi

Spoiler

Quote:
Pemerintah sudah memastikan akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi sebesar Rp6.500 per liter untuk Premium dan Rp5.500 per liter untuk solar.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menjelaskan, rencana pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi bukan berarti subsidi BBM itu dihilangkan, subsidi tersebut masih tetap ada.

"Kami melakukan exercise yang paling bagus untuk mengurangi spekulan. Tetapi juga tidak memberatkan masyarakat, yakni memperkecil disparitas harga. Artinya subsidi itu tidak hilang sama sekali. Subsidi masih ada," ungkap Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng dalam laporannya, Jakarta, Minggu (9/6/2013).

Andy menjelaskan, tanpa adanya pengurangan penghematan subsidi BBM, akan sulit untuk mengembangkan energi alternatif atau energi baru terbarukan. Sebagai energi non renewable resources, penggunaan BBM tidak boleh boros. Ketersediaan BBM sekitar 12 tahun lagi. Apabila diambil terus tentu akan habis.

"Kita seperti itu adalah dalam rangka penghematan dan mengubah paradigma ke masyarakat bahwa energi nonrenewable resources itu tidak boleh kita gunakan dengan boros," jelasnya.

Menurut Andy, untuk mengembangkan energi alternatif atau EBT terbentur karena harga BBM saat ini masih rendah. "Tanpa adanya pengurangan penghematan subsidi tidak bisa mengembangkan energi baru terbarukan," tutur Andy.
Sumber: http://bit.ly/18hZiol
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links