View Single Post
Old 11th June 2013, 05:55 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Rupiah Anjlok, Mendag Lihat Potensi Peningkatan Ekspor

Spoiler

Quote:
Melihat gejolak nilai tukar rupiah yang menembus Rp10.000 per USD terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS), Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengungkapkan ada potensi untuk memperkuat ekspor barang dan Jasa Indonesia.

Gita mengatakan, gejolak rupiah terjadi akibat imbas dari para negara tetangga Indonesia, salah satunya Jepang, yang dapat dilihat depresiasi yen dalam dua bulan belakangan ini.

"Saya kira ini ada imbasan dari negara tetangga, seperti jepang kita liat devresiasi yen dalam dua bulan belakangan tentunya akan bisa memperkuat ekspor kita, untuk beberapa barang dan jasa yang bisa menikmati dan menunggangi depresiasi ini," kata Gita di PT Krakatau Posco, Cilegon, Selasa (11/6/2013).

Melihat hal seperti itu, Mantan Kepala BKPM ini mengungkapkan hal yang penting untuk dilakukan adalah menjada stabilisasi nilai tukar rupiah, disamping menjaga stabilitas produk pangan.

"saya rasa ke depannya yang harus dipentingkan stabilitas nilai tukar, untuk sementara kalu bisa dijaga stabilitasnya di samping menjaga stabilitas produk pangan lainnya itu akan bagus," tambahnya.

Namun, Gita menegaskan bahwa akan hal tersebut tentu ada dampak terhadap neraca perdagangan Indonesia. "Tentunya ada positif dan negatifnya," tutupnya.
Sumber: http://bit.ly/18rbeEi
Likes:(1)
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links