View Single Post
Old 15th June 2013, 01:47 PM   #1
[M]
newbie
 
andi.teguh's Avatar
 
Join Date: 22 Sep 2012
Userid: 285
Location: http://www.forumku.com
Posts: 1,697
Real Name: andi teguh
Likes: 0
Liked 232 Times in 171 Posts
Default Tentang Pasukan Baret Merah(KOPASUS) Kebanggaan indonesia

KOPASSUS atau Komandu Pasukan Khusus merupakan bagian dari bala pertahanan yg dimiliki oleh TNI AD Indonesia. Prajurit komando pasti memiliki kemampuan dan keterampilan khusus di bidang mental, fisik, taktik dan teknik utk melaksanakan operasi khusus terhadap sasaran yg bersifat strategis terpilih.

Ciri khas dari Kopassus adalah baret merahnya . Kesatuan ini telah mampu berprestasi memberantas pemberontak DI/TII, PRRI, Permesta, Pembebasan Irian Barat, menumpas pemberontakan komunis, membebasakan sandera di pesawat Woyla Don Muang Bangkok, pembebasan sandera peneliti Tim Loren di Mapenduma Iraian Jaya, menumpas gerakan pengacau keamanan di bumi Nusantara serta yg baru-baru ini ikut berpartisipasi dalam pembebasan sandera di KM. Sinar Kudus yg dibajak oleh perompak Somalia.

Sebelum menjadi prajurit khusus, prajurit yg terpilih akan menjalani pendidikan dulu di Pusdik Passus yg ada di Batujajar. Mereka punya semboyan Tri Yudha Sakti, yg artinya tiga kemampuan yg harus dimiliki oleh seorang prajurit khusus: darat, laut dan udara. Disini calon prajurit khusus akan melalui pelatihan militer terberat yg diadakan oleh TNI AD dalam kondisi terburuk dan dibawah tekanan selama 7 bulan.
Quote:
Spoiler


Spoiler
setelah prajurit ini lulus akan terbagi lagi menjadi beberapa GRUP 1 PARAKO



Grup 1 PARAKO ini adalah satuan setingkat brigade yg bermarkas di Serang. Sebagai satuan tempur berstatus PARAKO, grup 1 merupakan operator utama dalam pertempuran baik konvensional maupun non-konvensional. Grup 1 kopassus ini mempunyai semboyan "EKA WASTU BALADHIKA". Eka yg berarti Satu, Wastu yg berarti alat atau wadah dan Baladhika yg berarti prajurit pilihan terbaik.GRUP 2 PARAKO

Grup 2 PARAKO ini adalah satuan setingkat brigade yg bermarkas di Kartasura.



Grup 2 kopassus ini memiliki semboyan "DWI DHARMA BHIRAWA YUDHA". Dwi yg berarti dua, Dharma yg berarti kewajiban, Bhirawa yg berarti kemampuan dan kekuatan yg dahsyat dan Yudha yg berarti perang.
kedua grup kopassus ini memiliki kemampuan masuk dan meninggalkan daerah lawan dgn kecepatan dan pendadakan yg tinggi serta dapat menggunakan berbagai sarana dalam kondisi bagaimanapun sulitnya untuk melumpuhkan dan menghancurkan sasaran yg ditargetkan dengan taktik dan teknik bertempur yg dimiliki. Seperti operasi komando, penyergapan, taktik gerilya dll.

GRUP 3 SANDHI YUDHA:



Sebagian dari prajurit khusus yg lulus seleksi psikologis dan intelegensia akan mendapatkan pendidikan spesialisasi Sandi Yudha. Prajurit ini tidak akan mengenakan atribut militer serta akan menjalani pendidikan intelijen selama 3 bulan. biasanya sebelum operasi militer dilancarkan, mereka-mereka ini lebih dulu diterjunkan guna infiltrasi ke dan eksfiltrasi dari daerah lawan dengan cara yg amat tertutup mengemban tugas operasi intelijen tempur untuk mengetahui kondisi dan situasi di lapangan.

Grup 3 kopassus ini bermarkas di Cijantung. Mereka memiliki semboyan "CATUR KOTTAMAN WIRA NARACA BYUHA". Catur yg berarti empat, Kottaman yg berarti berbudi luhur, Wira yg berarti prajurit, Naraca yg berarti tak terhitung banyaknya dan Byuha yg berarti siasat perang.

SATUAN 81 GULTOR:

\

Satuan 81 Penanggulangan Terror ini juga setingkat dengan Grup . Mereka bermarkas di Cijantung. Satuan ini merupakan satuan penanggulangan teror yang mampu melaksanakan operasi anti teror dari berbagai objek sperti gedung, bus, kapal, kereta api, hingga pesawat udara baik di daerah sendiri maupun di daerah lawan. Operasi penghancuran dan operasi penjinakan bahan peledak merupakan salah satu ciri khas Satuan ini.

Nggak hanya pembinaan kemiliteran yg didapat prajurit komando. tp ada juga pembinaan yg mencakup fisik. Sepengetahuan ane mencakup beladiri seperti kungfu, karate, pencak silat merpati putih dan taekwondo . Kemampuan beladiri ini menjadi sangat penting mengingat relevansinya terhadap tugas pokok yaitu sebagai penunjang dalam pengamanan fisik langsung jarak dekat.
Spoilerfor beladiri prajurit komando:

Quote:








tapi jangan salah, prajurit komando juga dibekali dengan pengetahuan infromatika dan bahasa, baik bahasa daerah maupun bahasa asing lho .

buat yg pengen tau lebih jelas ttg Kopassus ini, monggo langsung dibuffer



BERITA TERKINI KOPASSUSJAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo memberi penghargaan kepada dua prajurit TNI AD yang berprestasi, berupa kenaikan pangkat luar biasa satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya.

Penghargaan kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) itu diberikan kepada Sertu Nicolas Sandi Harewan dan Pelda Melkior Nandi melalui upacara militer di Markas Besar TNI AD, Jakarta Pusat, Senin (2012). Nicolas Sandi yang sebelumnya Serda menjadi Sertu (sersan satu) dan Melkior Nandi dari Serma (sersan mayor) menjadi Pelda (pembantu letnan dua).

“Sertu Nicolas Sandi Harewan anggota Satgultor 81 Kopassus diberi penghargaan karena atas keberaniannya telah berhasil menggagalkan aksi perampokan dan percobaan pemerkosaan yang hendak dilakukan pengemudi mikrolet bersama kawan-kawannya terhadap seorang penumpang wanita di atas angkot pada tanggal 23 Juli 2012,” kata KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo.

Sedangkan Pelda Melkior Nandi, Babinsa (Bintara Pembina Desa) Kelurahan Tangge, Koramil 1612-06/Lembor, Kodim 1612/Manggarai, Nusa Tenggara Timur, dianugerahi penghargaan atas keberhasilannya menggagalkan aksi anarkistis massa yang akan membakar Kantor Polsek Lembor pada tanggal 26 Desember 2011. “Mereka diberikan penghargaan karena berjasa dan melebihi panggilan tugasnya sebagai prajurit TNI AD. TNI AD tidak boleh pelit untuk memberikan penghargaan kepada prajuritnya,” ujarnya.

Edhie Pramono berharap agar prestasi dua prajurit TNI AD ini bisa menular ke rekan-rekannya. Ia mengaku gerah karena sering mendengar informasi anggota TNI yang tidak disiplin dan melakukan pelanggaran. “Lama sudah kita tidak dengar ada prajurit yang berjasa melampaui tugasnya karena peduli terhadap lingkungannya. Selamat, jangan jadikan kenaikan pangkat ini jadi sombong,” kata Edhie.
Spoilerfor orangnya gan:


sumber dirangkum dari berbagai artikel di google
dukung terus Kopassus kita ya gan
"LEBIH BAIK PULANG NAMA DARIPADA GAGAL DI MEDAN TUGAS"
__________________



Last edited by andi.teguh; 15th June 2013 at 01:55 PM..
andi.teguh is offline   Reply With Quote
Sponsored Links