View Single Post
Old 23rd June 2013, 12:25 AM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Cara Unik Pemprov Sumut Kurangi Pengangguran

Spoiler

Quote:
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menekan angka pengangguran dengan menggelar pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang melibatkan siswa-siswi yang ada di seluruh Sumut.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut, Drs Masri mengatakan pameran UMKM yang akan dilaksanakan nantinya akan di isi dengan karya-karya anak bangsa dengan tujuan untuk mengajak generasi muda khususnya pelajar dengan memulai berwirausaha dan belajar untuk mandiri sekaligus memperkenalkan dunia tersebut kepada mereka.

"Jadi pola pikir pelajar dan orang tua harus di rubah dengan mengajak mereka berwira usaha, selain bisa menciptakan lapangan kerja yang baru, angka pengangguran juga bisa di tekan," katanya di Medan, Sabtu (22/6/2013).

Dia menjelaskan, selama ini kan kebanyakan pelajar dan orang tua selalu memaksa anaknya begitu selesai sekolah untuk melamar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), bayangkan saja setiap tahunnya puluhan ribu remaja selesai melanjutkan sekolah di tingkatan SMA sederajat sementara kuota penerimaan PNS tidak sebanyak itu, yang ada jadinya angka pengangguran akan meningkat.

Pameran UMKM Sumut 2013 sendiri akan dilaksanakan pada 24-30 Juni mendatang di Gedung Serba Guna di jalan Pancing, Medan.

Lanjut Masri, kegiatan UMKM nantinya akan diadakan berbagai perlombaan seperti, workshop, seminar, serta pameran dari hasil UMKM yang ada di seluruh Sumatera Utara. Kurang lebih ada sekitar 300 hasil UMKM yang dipamerkan. Selain itu juga diadakan perlombaan untuk menciptakan wirausaha baru dan pameran kuliner khas Medan. Tak hanya itu, untuk memeriahkan pameran, panitia penyelenggara juga mendatangkan artis-artis ibukota untuk menghibur para peserta dan pengunjung pameran.

"Selain di isi dengan pameran, acara tersebut juga akan di isi hiburan oleh artis ibukota yang tujuannya untuk menghibur para pengunjung," ujar Masri, saat melakukan sosialisasi pamaran UMKM di sekolah MAN 2 dan SMK Tritech Informatika.

Sementara itu, Ketua Yayasan SMK Tritech Informatika Zulkifli menyatakan mendukung langkah yang dilakukan pemerintah dalam melibatkan siswa-siswi dalam pameran UMKM 2013 mendatang, dengan dilakukannya sosialisasi maka siswa akan termotivasi dan memacu keinginannya untuk ikut dalam pameran tersebut.

"Apapun ceritanya, persaingan di masa depan akan semakin ketat. Oleh karena itu kita jangan terpaku mencari pekerjaan, tetapi mari kita ciptakan lapangan pekerjaan yang baru." ucapnya.

Zulkifli menuturkan, idealnya sebuah negara memiliki 2-2,5 persen enterpreneur. Sedangkan Indonesia baru memenuhi sekitar 0,7 persen. Oleh karena itu, beliau mengajak para siswanya untuk ikut mensukseskan kegiatan ini.
Sumber: http://bit.ly/10Gq2vu
Likes:(1)
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links