View Single Post
Old 28th June 2013, 09:29 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Inflasi Bakal Klimaks di Pertengahan Juli

Spoiler

Quote:
Puncak inflasi akibat kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Juli ini. Kenaikan BBM tersebut akan sangat terasa pada bulan pertama sejak diberlakukan kenaikan pada 22 Juni 2013 lalu.

"Puncaknya, jika dilihat dari dampaknya setelah dinaikkan pada 22 Juni, paling tinggi itu pada Juli, dan Agustus akan mulai turun," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri di Kantor Kementerian keuangan, Jakarta, Jumat (28/6/13).

Dia mengatakan, dampak kenaikan BBM terhadap inflasi pada Juni tidak akan terlalu signifikan, karena hitungan kenaikan tersebut hanya masuk dalam satu minggu terakhir.

Menurutnya, dampak kenaikan BBM dan kenaikan tarif angkutan terhadap inflasi akan mulai terasa pada satu bulan setelahnya. "Saya kira inflasi Juni yang akan diumunkan Badan Pusat Statistik (BPS) besok, kenaikan BBM ini belum mempengaruhi," ucap dia.

Sebelumnya, Chatib Basri mengungkapkan, kenaikan tarif BBM bersubsidi serta kenaikan tarif angkutan umum ini akan menekan Indeks Harga Konsumen (IHK) hingga menyebabkan inflasi. "Kalau dia (angkutan umum) naik 15 persen, target 7,2 persen bisa dikejar, tapi kalau naiknya segitu (15 persen)," kata dia.
Sumber: http://bit.ly/14ejKSl
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links