View Single Post
Old 10th July 2013, 09:42 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Reformasi Kultur TNI AD Tidak Mudah

Spoiler

Quote:
KEPALA Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Moeldoko, mengatakan, TNI AD melaksanakan reformasi baik berkaitan dengan reformasi, doktrin dan kultur. Untuk reformasi struktur dan doktrin, TNI AD sebenarnya sudah berjalan. Hanya saja, reformasi kultur TNI AD tidak mudah.

“Karena itu, kami akan fokus pada reformasi kultur prajurit TNI AD,” kata Jenderal TNI Moeldoko pada acara “Silaturahmi KSAD dengan Para Tokoh Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa” di Balai Kartini, Jakarta, Senin (8/7).

Moeldoko mengakui, reformasi kultur di tubuh TNI belum tercapai dengan sempurna. Karena itu, nilai-nilai di tubuh TNI AD, misalnya sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI, dan lain sebagainya terus ditingkatkan untuk menjadikan prajurit TNI AD memiliki jiwa ksatria.

Pada kesempatan itu, Jenderal Moeldoko menjamin bahwa TNI akan bersikap netral dalam menghadapi Pemilu 2014 mendatang. “Tidak ada prajurit yang terjun ke dunia politik praktis,” tegas Moeldoko.

Menurutnya, tentara bersedia untuk hadir langsung di tengah masyarakat tanpa menempati jabatan atau posisi tertentu secara politis. “Secara eksternal, kami mempersiapkan diri jika dibutuhkan pada situasi tertentu,” katanya.

Dia mengatakan, TNI akan mengedepankan budaya baru yaitu komunikasi yang intensif dengan masyarakat. “Kami lagi saling memberikan informasi, bukan mengendalikan informasi,” katanya.

Mantan Ketua MPR, Amien Rais, menyampaikan apresiasi atas inisiatif TNI AD untuk membuka diri dalam komunikasi publik. “Ini sebuah kemajuan yang sangat bagus dimana TNI mau menerima bahkan mengundang masyarakat,” kata Amien Rais.

Amien Rais menilai, inisiatif Jenderal TNI Moeldoko membuka diri dengan masyarakat tepat waktu. “Pada tahun politik seperti ini, masyarakat cenderung pada perpecahan,” kata Amien di sela-sela acara silaturahmi dengan KSAD dengan para tokoh tersebut.

Menurut Amien Rais, tema persatuan bangsa tidak boleh disepelekan. Peran TNI sangat penting sebagai tulang punggung pertahanan bangsa.

Dalam acara tersebut, hadir para tokoh masyarakat dari berbagai latar beelakang antara lain, Ketua MUI Ma'ruf Amin, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin, tokoh Betawi, Ridwan Saidi, perwakilan pemuda sekaligus mantan Menpora, Adhyaksa Dault.
Sumber: http://bit.ly/13B9kzr
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links