View Single Post
Old 17th July 2012, 04:51 PM   #31
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Pembangunan Bandara Rokot Menunggu Rekomendasi Gubernur

berita daerah



Quote:
(Berita Daerah - Sumatera), Pembangunan Bandar Udara (Bandara) Rokot di Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) belum dapat dilaksanakan karena terdapat kekurangan persyaratan yakni belum adanya rekomendasi dari gubernur Sumbar.

Hal itu diketahui setelah dilakukan pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan para anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan Sumbar-I (Padang dan Kepulauan Mentawai) dalam kunjungan ke Mentawai baru-baru ini, kata Koordinator anggota DPRD dari dapil-I Sumbar, Zailis Usman di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan, pembangunan lanjutan berupa pengembangan dan peningkatan sarana prasarana bandara termasuk penambahan panjang landasan pacu pesawat (runway) di Bandara Rokok telah direncanakan sejak 2008.

Namun, permasalahan terkait pelaksanaan dari perencanaan yang dibuat itu hingga saat ini belum kunjung tuntas, tambahnya.

Padahal, telah beberapa kali dilakukan pembicaraan dan pembahasan intensif antara pemerindah daerah Mentawai dengan Kementerian Perhubungan RI termasuk mencukupi semua persyaratan yang ditetapkan pemerintah pusat.

Semua persyaratan itu telah dipenuhi, namun masih ada satu kekurangan yakni belum adanya rekomendasi dari Gubernur Sumbar, katanya.

Untuk itu, melalui para anggota DPRD Sumbar dari daerah pemilihan Sumbar-I, Pemda Mentawai menyampaikan aspirasi kepada gubernur untuk segera mengeluarkan rekomendasi tersebut sehingga pembangunan Bandara Rokot dapat dilaksanakan.

Sementara itu, pascagempa diikuti tsunami di Mentawai 2010, telah disusun dokumen Rencana Aksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi pascatsunami Mentawai oleh Bappenas, BNPB, Pemprov dan BPBD Sumbar, Pemkab dan BPBD Mentawai yang isinya antara lain, pemerintah akan membenahi dan menambah bandara perintis di Kepulauan Mentawai.

Pembenahan itu dilakukan pada tiga bandara perintis yang sudah ada dan pembangunan satu bandara baru.

Pembenahan bandara yang akan dilakukan meliputi, perbaikan dan pengerasan landasan pacu (airstrip) di bandara perintis Kecamatan Pagai Selatan dan penambahan panjang landasan pacu Bandara Rokot, Pulau Sipora dari sebelumnya 650 meter menjadi 750 meter dan lebar 23 meter.

Kemudian, perpanjangan airstrip Bandara Siberut di Pulau Siberut menjadi 650 meter dan lebar 23 meter.

Sedangkan pembangunan landasan pacu /airstrip baru akan dilakukan di Pulau Pagai Utara dengan panjang landasan 1.500 meter dan lebar 25 meter.

Pembenahan dan pembangunan baru empat bandara perintis itu akan menjadi bagian dari upaya strategi mitigasi di daerah kepulauan berpenduduk sekitar 60 ribu jiwa itu.

Sebelumnya, Ketua DPRD Mentawai, Hendri Satoko menyebutkan, DPRD sudah menganggarkan melalui APBD Mentawai 2011 dana sebesar Rp1,5 miliar untuk perencanaan pembenahan dan pembangunan empat bandara tersebut.

Ia mengatakan, dalam perencanaannya masing-masing bandara memiliki landasan pacu sepanjang 600 meter dan biaya diperkirakan Rp50 miliar/bandara sehingga dibutuhkan dana total Rp200 miliar.

Biaya pembangunan bandara dari Departemen Perhubungan, sedangkan DPRD dan Pemkab mentawai hanya mendukung dengan biaya untuk perencanaan, tambahnya.
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Sponsored Links