View Single Post
Old 15th July 2013, 06:51 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Harga Daging Sapi Mahal, Siasati dengan Diversifikasi Protein Hewani

Spoiler

Quote:
Harga daging sapi di Depok menembus harga rata-rata Rp110 ribu hingga Rp120 ribu per kilogram (kg). Pemerintah Kota Depok menegaskan tidak berwenang untuk menyelenggarakan operasi pasar daging sapi.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengingatkan masyarakat untuk lebih berhitung dalam berbelanja. Jika menginginkan protein hewani, kata dia, masyarakat bisa menggantinya dengan alternatif protein lainnya.

"Harga daging tinggi, Depok tak bisa lakukan OP, kita imbau warga lebih hati-hati berbelanja. Inginnya protein pilih alternatif telur yang lebih murah, daging, ayam, telur ikan. Protein hewani itu mayoritas sama nilainya, perbedaannya hanya sedikit dari sisi masalah tambahan vitaminnya," ujarnya kepada wartawan, Senin (15/07/2013).

Ahli Teknologi Pangan dari A&M Texas University ini juga meminta masyarakat untuk melakukan diversifikasi protein hewani. Ia meminta agar masyarakat jangan memaksakan diri berbelanja daging sapi jika ingin menambah nilai protein.

"Bagi mereka yang terbiasa konsumsi daging, harus pilih diversifikasi protein hewaninya. Kalau telur satu kilo Rp20 ribu, lima kilo telur sama dengan daging sapi dengan satu kilo. Kuning telur untuk anak-anak malah cocok. Lebih baik belanja telur daripada ngoyo belanja daging. Ikan juga. Pandai memilih, jangan memaksakan diri," tuturnya.

Nur Mahmudi juga meminta masyarakat untuk bisa mengubah tradisi lebaran dimana daging sapi dan ayam harus menjadi kebutuhan utama. Menurutnya, tradisi tersebut justru hanya menjadi gengsi yang tercipta bahwa hari raya tak bisa jika tanpa daging sapi.

"Break through tradisi itu, siapa yang mengatakan itu. Yang tradisi itu kupatnya. Opor ayam kan bisa, kalau harga ayam masih mahal gantinya opor tahu tempe, telur. Jangan terpaksa mengatakan harus daging. Jangan gengsi berhari raya tanpa daging. Ada telur ayam, dan ikan. Kalau protein nabati bisa dari tahu, tempe, dan jamur. Kalau daging sapi enggak ada yang beli lama kelamaan jadi turun harganya," tutupnya.
Sumber: http://bit.ly/14TbmI9
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links