View Single Post
Old 16th July 2013, 09:34 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default PLN Fokus Penuhi Kebutuhan Sektor Industri & Bisnis

Spoiler

Quote:
Sektor industri dan bisnis merupakan sektor yang paling mendapat perhatian dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Karenanya, PLN secara proaktif berupaya mempercepat penyambungan baru maupun perubahan daya.

"Semakin cepat industri maupun bisnis beroperasi, maka semakin cepat pula terserap tenaga kerja, dan semakin cepat bergerak mata rantai perekonomian," ungkap Benny dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (16/7/2013).

Benny menambahkan, pertumbuhan pemakaian listrik yang cukup tinggi pada kelompok pelanggan industri menunjukkan bahwa perkembangan ekonomi Indonesia terus membaik.

"Hal ini juga memberikan optimisme tersendiri dimana sektor penggerak utama perekonomian tetap bergairah, yang pada akhirnya diharapkan dapat menyediakan tambahan lapangan pekerjaan, dan mengurangi kemiskinan," sambungnya.

Menurut Benny, salah satu hal yang sangat positif juga adalah pertumbuhan konsumsi listrik dari pelanggan industri skala besar dan sangat besar. Kelompok pelanggan Industri besar, seperti tekstil, pengolahan logam, elektronik, keramik, konsumsi energi listrik Semester I-2013 meningkat lebih dari 8 persen dibanding tahun lalu pada semester yang sama.

Sedangkan konsumsi listrik bagi industri sangat besar, seperti pabrik baja, pabrik semen, industri kimia, konsumsi energi listrik Semester I-2013 meningkat lebih dari 10 persen dibanding tahun lalu pada semester yang sama. "Pertumbuhan pada segmen industri besar ini sejalan dengan bertumbuhnya pasar konstruksi bangunan di Indonesia," kata Benny.

Dia mengungkapkan, perkembangan menarik lain juga terjadi pada segmen pelanggan rumah tangga khususnya daya 900 Volt Ampere (VA) dan daya 3.500 VA–5.500 VA. Untuk pelanggan rumah tangga kecil daya 900 VA jumlah pelanggan pada semester 1 2013 tumbuh tinggi sebesar 11,7 persen dibanding semester yang sama tahun lalu.

Demikian juga, pelanggan rumah tangga kelas menengah dengan daya 3500 VA – 5500 VA jumlah pelanggan pada semester 1 2013 tumbuh 11,3 persen dibanding semester 1 2012. Pertumbuhan yang tinggi di kedua kelas segmen Rumah Tangga ini menggembirakan, karena daya 900 VA sudah menjadi pilihan bagi pelanggan Rumah Tangga kelas kecil, dan daya 3.500-5.500 VA sudah menjadi pilihan bagi pelanggan Rumah Tangga kelas menengah.

Selain itu, pilihan skala daya yang lebih besar di kelas kecil dan menengah ini dapat diartikan sebagai perbaikan kemampuan ekonomi dari masyarakat Indonesia. "Keseimbangan antara peningkatan rasio elektrifikasi dan peningkatan usaha produktif diyakini akan memperkuat perekonomian Indonesia," tukas dia.
Sumber: http://bit.ly/12CSmxZ
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links