View Single Post
Old 17th July 2012, 04:54 PM   #33
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Bandara Lambar Dikucur Rp200 Miliar

rakyatlampung.com

Quote:
LIWA–Kabar baik bagi masyarakat Lampung Barat. Itu setelah Kementerian Perhubungan (Kemhub) menyatakan siap membangun dan merelokasi 45 bandara baru dalam kurun waktu 10 tahun ke depan. Termasuk di Lampung Barat. Langkah ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan industri penerbangan di Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemhub Herry Bakti S Gumay mengungkapkan, total 45 bandara tersebut akan tersebar di seluruh Indonesia. Untuk tahap pertama, akan bangun 24 bandara baru sampai tahun 2017, kemudian sisanya akan dibangun bertahap hingga tahun 2022.

“Pembangunan bandara-bandara tersebut sebagai langkah antisipasi pertumbuhan industri penerbangan tanah air yang terus melonjak drastis. Tidak hanya dalam jumlah penumpang, pertumbuhan industri juga dipicu oleh masifnya pembelian armada oleh maskapai serta ekspansi rute,” ujar Herry.

Rencana Kemhub ini, kata dia, sudah dimulai sejak tahun 2011 lalu, namun sebelumnya hanya akan dibangun dan direlokasi 24 bandara. Hingga saat ini, sudah ada 8 bandara baru yang perkembangan pembangunannya cukup signifikan, yakni Bandara Muara Bungo (Jambi), Bandara Tual Baru (Maluku), Bandara Waisai Raja Ampat (Papua Barat), Bandara Enggano (Bengkulu), Bandara Sumarorong Tahap II (Mamasa), Bandara Waghete Baru (Papua), Bandara Kamanap Baru (Papua) dan Bandara Pekon Serai (Lampung Barat).

Bandara-bandara baru tersebut umumnya memiliki panjang dan lebar landas pacu (runway) 900 meter x 300 meter atau 1.400 meter x 300 meter yang masing-masing hanya bisa didarati oleh pesawat ATR-42, DHC-7, dan Cassa 212, atau pesawat Hercules 130 dan ATR-72.

Menurut Herry, diperlukan dana minimal Rp200 miliar, dengan kondisi tanah yang bagus, untuk membangun satu bandara baru. Untuk tahun ini Kemhub memperoleh alokasi Rp3 triliun untuk pembangunan infrastruktur.

Potensi bandara-bandara baru sangat bagus untuk menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara. Ia mencontohkan Bandara Waisai Raja Ampat bisa beroperasi maksimal, maka bisa menarik pendapatan dari wisatawan asing. Selama ini mereka menggunakan kapal pesiar. Harapannya, dengan beroperasinya bandara, para turis bisa tinggal dan menggunakan uang mereka di darat
endar.agustyan is offline   Reply With Quote