View Single Post
Old 28th July 2013, 07:24 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default BI Belum Ada Strategi, Rupiah Siap-Siap Jeblok Lagi

Spoiler

Quote:
Pergerakan nilai tukar Rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS) anjlok dalam, menghapus kenaikan di awal pekan. Rupiah sempat menguat tipis terimbas kenaikan yen dan AUD setelah kabar positif dari Jepang.

"Partai (Liberal Democratic Party) di Jepang mampu meraih mayoritas dalam pemilu tingkat tinggi seiring langkah PM Shinzo Abe untuk mengubah kebijakan ekonomi dan terimbas kenaikan Yuan China setelah PboC mengakhiri kebijakan batas bawah biaya
pinjaman yang sebelumnya ditetapkan 30 persen di bawah suku bunga acuan," kata Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada dalam risetnya, Minggu (28/7/2013).

Reza menambahkan, sentimen positif lainnya, dari Meeting G20 menegaskan komitmen untuk lebih fokus pada kebijakan yang lebih memacu pertumbuhan ekonomi. Tetapi, kabar-kabar positif tersebut tidak bertahan lama seiring langkah Bank Indonesia (BI) yang melonggarkan laju Rupiah di pasar offshore.

"Hal ini dipertegas oleh salah satu pejabat BI bahwa BI memang membiarkan Rupiah melemah secara bertahap, selain itu pelemahan Rupiah juga dipicu oleh rilis perlambatan data FDI untuk kuartal kedua 2013 dimana pertumbuhan tersebut masih lebih rendah dari periode sebelumnya,"tambahnya.

Lebih lanjut, rupiah makin anjlok tak tertahankan seiring melemahnya AUD setelah rilis inflasi yang di bawah ekspektasi dan depresiasi Yuan setelah rilis HSBC manufacturing PMI yang terkontraksi.

"Belum adanya rilis dari BI mengenai langkah yang akan diambil untuk menahan pelemahan Rupiah membuat pelaku pasar berekspektasi Rupiah akan terdepresiasi kembali. Adanya penilaian BI bahwa Rupiah sedang mencari keseimbangan baru dan MenKeu yang melihat pelemahan Rupiah masih cukup aman memberikan kesan bahwa Rupiah memang sengaja dibiarkan melemah," jelasnya.
Sumber: http://bit.ly/15W2EYQ
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links