View Single Post
Old 17th July 2012, 05:04 PM   #37
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Pengembangan Bandara Stagen Kota Baru Tertunda Pembebasan Lahan

jarrakonline



Quote:
Kota Baru (JarrakOnline), Pengembangan landasan pacu Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, terkendala lahan, demikian Kepala Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen Kotabaru Junikar Pakondo diruang kerjanya.

Saat ini bandara belum bisa dikembangkan dan belum bisa melayani pesawat berbadan besar, karena lahan bandara sudah habis dan berbatasan langsung dengan permukiman penduduk. Kecuali, apabila pemerintah daerah menyediakan dana untuk pembebasan lahan permukiman warga.

Idealnya, kata Junikar, Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru bisa melayani pesawat berbadan besar Boeing 737 untuk membuka rute penerbangan ke luar Kalimantan. Namun landasan pacu harus ditingkatkan kualitasnya, minimal tiga kali pelapisan dengan ketebalan sekitar 21 cm serta perpanjangan landasan pacu dari 1.650 meter menjadi 2.250 meter.

"Jadi pemerintah daerah harus menyediakan dana untuk pembebasan lahan bandara yang masih kurang panjangnya sekitar 600 meter dengan lebar sesuai kondisi saat ini," ujarnya.

Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani mengatakan, pihaknya bertekad untuk menjadikan bandara Stagen mampu melayani pesawat berbadan besar. Masyarakat Kotabaru tidak perlu lagi ke Banjarmasin, karena bisa langsung naik pesawat dari Stagen ke Surabaya, Sulawesi dan daerah-daerah lain di Indonesia.Bandara Stagen saat ini baru mampu melayani pendaratan pesawat jenis ATR 42 atau pesawat dengan kapasitas penumpang sekitar 40-50 orang.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, kami berencana menutup dan merelokasi ruas jalan dan kantor Polsek Pulau Laut Utara dan sejumlah permukiman yang ada di sekitar bandara ke arah daratan, jelas Bupati.
endar.agustyan is offline   Reply With Quote