View Single Post
Old 2nd August 2013, 06:45 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default BKPM Keluhkan Rumitnya Perizinan Investasi

Spoiler

Quote:
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatakan, untuk mendorong investasi perlu juga mendorong konsumsi rumah tangga. Pasalnya, investasi masih banyak tertahan di BKPM saat ini.

"Pemerintah sekarang harus betul-betul tidak punya pilihan di dalam simplifikasi peraturan, di BKPM sudah ada Rp1.200 triliun investasi yang ada dalam pipeline. Sebetulnya stok ada, tapi orang ini baru mau rileks investasinya kalau aturannya gampang," ujar Kepala BKPM Chatib Basri di Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Chatib mengatakan, contohnya investasi migas, dalam satu proyek banyak sekali aturan izinnya. Hal tersebut yang perlu di lakukan dan di revisi dari DNI negara.

"Tapi kan ada risiko, saya bilang bahwa investasi melambat karena ada faktor eksternal karena likuditasnya bisa kan. Mau gak mau konsumsi rumah tangga harus didorong," ujar Chatib.

Chatib mengatakan sekarang sedang dalam persiapan karena ingin eksplorasi segala sesuatu dari segi fiskal yang bisa mendorong konsumsi rumah tangga. Misalnya penghasilan tidak kena pajak (PTKP) dinaikkan, nanti dilihat lagi apa yang bisa mendorong atau tax apa yang bisa dibuat.

"Yang jelas pengeluaran pemerintah harus diperketat," ujar Chatib.

Menurut Chatib, harus dilihat dampak fiskal seperti apa ke depan. Intinya harus mendorong pertumbuhan pada tingkat yang lebih tinggi. "Jangan pelit dengan anggaran, jangan sampai anggaran yang pelit mengorbankan growth. Buat saya growth penting," ujar Chatib.
Sumber: http://bit.ly/15j8JlN
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links