View Single Post
Old 3rd August 2013, 03:47 PM   #1
Sek Des
 
alnpr's Avatar
 
Join Date: 12 May 2013
Userid: 1032
Location: Pamulang
Age: 25
Posts: 398
Likes: 0
Liked 78 Times in 70 Posts
Default Pasca-Lebaran, Ratusan Ribu Penduduk Cari Kerja di Jakarta

Spoiler

Quote:
Usai Lebaran, diprediksi akan ada migrasi ratusan ribu pencari kerja ke DKI Jakarta. Modusnya biasanya sederhana sekali dengan mengikuti para pekerja yang pulang mudik untuk balik kembali ke Jakarta.

"Labor Institue Indonesia dengan prediksi lebih kurang 1 juta pekerja di DKI Jakarta yang akan mudik dengan presentase 10 persen atau seratus ribu lebih para pencari kerja yang datang dari kampung (desa) akan masuk ke Jakarta, ketika arus balik para buruh (pekerja) tersebut ke Jakarta," ujar Kordinator kampanye Labor Institute Indonesia Andy William Sinaga dalam keterangan tertulis, Jakarta, Sabtu (3/8/2013).

Andy mengatakan eksodus tersebut akan menimbulkan masalah sosial, seperti menjamurnya tenaga kerja informal, pedagang kaki lima, dan peningkatan angka kriminalitas. Selain itu juga akan terbuka pemukiman-pemukiman ilegal baru ditenggarai akan memperparah kondisi tata kota dan tata sosial Jakarta.

Labor Institute Indonesia mengimbau para pekerja atau buruh yang mudik ke kampung halaman untuk tidak membawa saudara atau tetangga untuk datang ke Jakarta sebelum mendapatkan pekerjaan baru.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta juga diimbau agar tegas melakukan pengawasan di setiap terminal atau pintu masuk propinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masuknya ratusan ribu pencari kerja yang akan masuk ke Jakarta pasca-Lebaran mendatang atau arus balik Lebaran.
Sumber: http://bit.ly/15C8AYn
alnpr is offline   Reply With Quote
Sponsored Links