View Single Post
Old 5th August 2013, 11:04 AM   #1
Sek Des
 
Adventurz's Avatar
 
Join Date: 26 Jul 2013
Userid: 1331
Posts: 269
Likes: 23
Liked 58 Times in 54 Posts
Default AMQ | Pattimura International Airport | Ambon | Moluccas

Visi, Misi dan Tugas Pokok Bandara


Visi

Menjadi pintu gerbang utama daerah kepulauan Maluku yang komit terhadap kepuasan pelanggan dan dapat diandalkan oleh Stakeholder.

M i s i

Mengelola jasa Kebandarudaraan dan Pelayanan Lalu Lintas Udara dengan selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan penerbangan serta kepuasan pelanggan sehingga dapat memberikan manfaat optimal kepada masyarakat, pemegang saham, mitra kerja dan karyawan.

Tugas Pokok Bandara

* Menyediakan pelayanan, keamanan, keselamatan dan kenyamanan melalui pengusahaan jasa kebandarudaraan dan navigasi penerbangan.
* Memberikan pengalaman yang berkesan bagi pengguna jasa.
* Mendukung peran pemerintah dalam peningkatan perekonomian untuk kesejahteraan masyarakat.


Overview Bandara Internasional Pattimura

Bandar Udara Pattimura Ambon yang terdapat pada salah satu pulau di kepulauan Maluku merupakan daerah yang sangat strategis. Kepulauan Maluku mempunyai banyak pulau yang terbagi dalam 2 (dua) Propinsi yaitu Maluku Utara dengan ibu kota Ternate dan Maluku dengan ibu kota Ambon.

Bandar Udara Pattimura Ambon berada di pulau Ambon Propinsi Maluku terletak pada posisi koordinat 03 42 25 S dan 128 05 23 T yang dikelilingi oleh lautan disebelah Utara laut Seram, Selatan laut Banda dan Timur laut Arafura.

Bandar Udara Pattimura yang dahulu bernama Lapangan Terbang Laha Ambon dibangun pada tahun 1939 oleh Pemerintah Penjajah Belanda. Pada tahun 1942 Lapangan Terbang Laha dikuasai oleh pendudukan Jepang untuk melawan pasukan Sekutu dalam Perang Dunia II. setelah kemerdekaan RI tahun 1945 Lapangan Terbang Laha dikuasai oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Tahun 1975 berdasarkan surat keputusan bersama Menhankam/Pangab, Menteri Perhubungan dan Menteri Keuangan. Pelabuhan Udara Pattimura ditetapkan sebagai Lapangan terbang sipil dan sepenuhnya dikuasai oleh Departemen Perhubungan.

Sejak tahun 1975 Pelabuhan Udara Pattimura telah didarati pesawat asing Air North dari Darwin sampai tahun 1998. Pada tanggal 11 Oktober 1995 Pengelolaan bandar udara Pattimura Ambon dialihkan sepenuhnya kepada PT. Angkasa Pura I (Persero) dan berstatus sebagai bandar Udara Kelas I. Pada tanggal 3 Maret 2004 Proyek Pengembangan Bandar Udara Pattimura diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia.

http://www.pattimura-airport.com/ind...layang-pandang
__________________
#AYO KE MALUKU
Likes:(1)
Adventurz is offline   Reply With Quote
Sponsored Links