View Single Post
Old 31st August 2012, 11:11 PM   #6
afterburner
Wk. RT
 
afterburner's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 133
Posts: 55
Likes: 0
Liked 10 Times in 4 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by admin View Post
Wah .. silakan dimulai



Kayaknya kita sudah menemukan camod yang sesuai nich ... untuk forum ini
iya deh om saya mulai duluan

saya kali ini akan membahas tentang PT.Badak LNG Airpot / Bandara Bontang.
mungkin masih banyak orang yang tidak tahun tentang Bontang. tetapi begitu di sebutkan Bontang FC. pasti hampir semuanya mengenal. klub yang kemarin kalah melawan Persidafon dan harus masuk divisi utama. ok. mari kita bahas.

Bandara bontang terletak di dekat Pabrik PT.Badak LNG. Di Bandara tersebut hanya ada 2 pesawat yang melayani penerbangan. Yaitu Indonesia Air Transport dan Pelita Air. Pesawat Pelita air tersebut di miliki oleh PT.Pupuk Kalimantan Timur dengan regertasi PK-PKT.PK-PKT berjenis Dash 7. sedangkan Indonesia Air Transport ( IAT ) dimiliki oleh PT. Badak dengan status Charter 5 tahun di mulai dari tahun lalu dengan Regertasi PK-THT. PK-THT berjenis ATR 72-500. di bontang, yang menjadi anggota IF menyebut dash 7 sebagai angkot terbang

Bandara bontang sebenarnya sudah tidak layak untuk di jadikan bandara karena letaknya yan berdekatan dengan pabrik PT.Badak LNG ( gak ada 1km )
dan juga bila kita take off menuju runway 22, kita liat ke kanan sisi pesawat, sudah rumah semua. itulah yang membuat kenapa bandara Bontang sudah tidak layak untuk di layani. dan juga, cuaca yang tidak menentu. Di bandara Bontang pernah terjadi emergency situation. yaitu pesawat CASA C-212-100 mengalami kerusakan mesin. tidak ada korban jiwa dari kecelakaan tersebut. ( Pesawat nya ada di tempat bermain komplek ane loh. iya. pesawat nya di jadiin monumen )

Bandara bontang juga bisa di gunakan untuk tempat tunggu bila bandara samarinda dan bandara sangata lagi ramai. jadi pesawat pesawat di alihkan ke Bandara Bontang. ketinggian yang pesawat cuman bisa sampai 7000-9000 kaki. karna hanya bisa untuk tujuan Bontang-Balikpapan yang hanya berjarak sekitar 45 menit. ato kalo dari Balikpapan-Bontang hanya 35 menit. ( gak saya jelasin bagaimana cara mendapatkan kursi pesawat nya yah. karna agak rumit dan susah. tapi kalo mau, bisa saya jelaskan kok )

Berikut Spesivikasi
IATA : BXT
ICAO :WALC
Panjang Runway : 800m sebelum di renovasi *1000m sesudah di renovasi
Waiting room : 1 tempat ( Bersebelahan dengan Tempat pengambilan bagasi )
tempat pengambilan bagasi : 1 tempat ( bersebelahan dengan waiting room )
Taxi way : cuman ada 1
bisa menampung pesawat sampai : 3 Pesawat

Ini dia gambar nyah

Ini Gambar dari udara om. yang ujung itu Runway 22 biasanya di pakai buat terbang. yang di dekatnya tempat parkir nya pesawat itu runway 04. biasanya di pakai buat hold. tapi kadang kadang terbang lewat runway 22 menuju runway 04 jika angin nya kencang dan menuju kilang ( ini yang bikin takut karna pas depan langsung kilang )
(Foto Dari Internet )

Nah, ini dia yang saya bilang. PK-PKT. my lovely angkot terbang. di gambar kelihatan kalo itu masi yang old livery. sekarang uda di cat menjadi new livery.
(yang ini saya foto sendiri)

Ini dia pesawat certeran nya PT.Badak. PK-THT. belum pernah naik pesawat ini ( Foto ini saya ambil dari mas Rwbi atau rinaldi wibyanto. thanks ya mas )

Sumber
Wikipedia : Bandara Bontang
Pengalaman dan foto sendiri
Foto PK-THT milik mas Rwbi

Last edited by afterburner; 31st August 2012 at 11:15 PM.. Reason: Ada yang kurang
afterburner is offline   Reply With Quote