View Single Post
Old 17th July 2012, 05:06 PM   #38
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

BANDARA: Masterplan Bandara Kulonprogo rampung Agustus

bisnis

Quote:
YOGYAKARTA: Pembangunan Bandara Internasional di Kulonprogo memasuki babak baru. Pembuatan masterplan (rencana induk) sudah dimulai (kick off) sejak seminggu lalu dan diharapkan akan rampung maksimal Agustus mendatang.

Ketua Tim Fasilitasi Pembangunan Bandara Internasional, Triyono mengatakan, pihaknya akan melibatkan pemerintah desa dan masyarakat terkait pembangunan bandara internasional tersebut.

Dia menepis dugaan selama ini, bila Pemkab menutup-nutupi informasi perkembangan pembangunan bandara tersebut kepada pemerintah desa.

“Kami tidak menutup-nutupi informasi terkait perkembangan bandara. Sebab, kami masih menunggu pembuatan masterplan selesai. Apabila masterplan selesai dibuat, maka semuanya akan gamblang. Akan diketahui wilayah mana saja yang akan dijadikan lokasi pembangunan bandara,” ujarnya hari ini.

Dia yang juga menjabat Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kulonprogo itu menuturkan saat ini pihaknya terus melakukan persiapan-persiapan penyelesaian masterplan bandara.

Dia mengharapkan agar masyarakat bersabar hingga tahapan proses selesai dilakukan. “Pembuatan masterplan sendiri dilakukan oleh PT Angkasa Pura dengan investor asal India, GVK Group dan consulting dari Universitas Gadjah Mada,” tuturnya.

Rencana pembangunan bandara baru tersebut tidak menggunakan bantuan dana dari pemerintah pusat, karena murni kesepakatan bisnis antara PT Angkasa Pura dan investor asal India, GVK Group. Dalam tiga bulan ke depan antara Juni hingga Agustus, hasil masterplan proyek tersebut ke Kementrian Perhubungan (Kemenhub) untuk proses perijinan.

Setelah rencana induk selesai dilanjutkan dengan tahap detail engineering design (DED), pembebasan lahan, dan baru dibangun

Triyono meminta masyarakat akan tetap mendukung terus proses rencana pembangunan bandara tersebut, terutama dari ulah spekulan tanah. Meski sampai saat ini masih belum ada gejala para spekulan tanah masuk ke wilayah Kulonprogo, namun hal itu masih menjadi kekhawatiran.

Bbila harga spekulan melambungkan harga tanah bisa mengancam rencana pembangunan bandara di Kulonprogo. Masyarakat pun diminta mewaspadai upaya masuknya para spekulan tanah tersebut.

Pembentukan Tim Fasilitasi sendiri, lanjutnya, selain bertugas untuk merampungkan rencana pembangunan bandara juga memantau keberadaan spekulan tanah di wilayah Kulonprogo.

“Itu yang perlu kami dan masyarakat waspadai. Jangan sampai spekulan tanah masuk dan mempermainkan harga tanah, yang tidak sesuai dengan tawaran PT Angkasa Pura. Meski masterplane selesai dibuat, karena ulah spekulan pembangunannya bisa tidak jadi,” ujarnya.

Hingga selesainya pembuatan masterplan pembangunan bandara, tim masih berkomunikasi dengan pihak Kecamatan (Temon). Bila pembuatan masterplan selesai, tim baru akan melakukan komunikasi intensif dengan pemerintah desa dan masyarakat yang dijadikan lokasi pembangunan bandara.

Menurut rencana awal, terdapat empat desa yang akan dijadikan lokasi bandara meliputi Desa Jangkaran, Sindutan, Palihan dan Glagah dengan luasnya sekitar 5.400 meter dengan lebar 1.400 meter
endar.agustyan is offline   Reply With Quote