View Single Post
Old 27th August 2013, 08:10 PM   #1
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Post Pengusaha Meubel Harus Manfaatkan Momentum Penguatan Dolar

Pengusaha Meubel Harus Manfaatkan Momentum Penguatan Dolar
Selasa, 27 Agustus 2013 14:59 wib
Kuntadi - Koran SI

YOGYAKARTA Asosiasi Industri Meubel dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) minta kepada perajin untuk memanfaatkan momentum menguatnya nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS), dengan memaksimalkan ekspor. Kondisi saat ini cukup memberikan keuntungan bagi pelaku usaha yang membidik pasar luar negeri.

Ketua DPP Asmindo Ambar Tjahyono mengatakan pihaknya banyak diuntungkan dengan menguatnya nilai tukar dolar. Meski begitu Asmindo tidak ingin kondisi ini berlarut, karena bisa menurunkan daya beli konsumen.

"Pengusaha harus memaksimalkan momentum ini dengan menggenjot ekspor," jelas Ambar kepada wartawan, Selasa (27/8/2013).

Sejumlah pengusaha, ujar dia, saat ini tengah berencana untuk menggelar pameran dan promosi di luar negeri. Cara ini diyakini akan cukup ampuh mendongkrak nilai ekspor Indonesia. Apalagi jika kondisi saat ini akan berlangsung sampai dengan akhir tahun nanti.

"Kalau nilai tukar seperti ini, ekspor kita bisa naiki 7,5 persen," jelasnya.

Diakuinya, nilai ekspor meubel dan kerajinan fluktuatif. Pada bulan April lalu turun hingga 3 persen. Beruntung di bulan Juni kembali merangkak naik.

Untuk mendongkrak ekspor, memang bukanlah perkara mudah. Sekitar 45 persen pengusaha yang ada, dari sektor usaha mikro dan kecil. Mereka lebih banyak menggunakan bahan lokal. Hanya sekira 15 persen saja bahan bakunya impor. Itu pun hanya untuk produk meubel untuk kalangan kelas atas.

"Yang lebih dibutuhkan adalah kemudahan dalam mengurus SVLK (Surat verifikasi Legalitas Kayu)," tukasnya. (wan) (Kuntadi/Koran SI/wdi)

sumber : http://economy.okezone.com/read/2013...enguatan-dolar
admin is offline   Reply With Quote
Sponsored Links