View Single Post
Old 1st September 2013, 02:14 PM   #58
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Hakteknas ke-18 presiden pimpin peluncuran roket lapan

HAKTEKNAS KE-18
PRESIDEN PIMPIN PELUNCURAN ROKET LAPAN



Jakarta, Lapan.go.id – Lapan meluncurkan 24 roket berdiameter 122 milimeter di Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan, Pameungpeuk, Jawa Barat, Kamis (29/8). Peluncuran roket tersebut dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari Sasono Utomo, TMII, Jakarta. Meluncurnya roket hasil pengembangan Lapan tersebut merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 18.
Presiden RI memimpin peluncuran roket dalam acara puncak peringatan Hakteknas ke-18.

Dalam peringatan Hakteknas tersebut, Presiden mengatakan bahwa teknologi memiliki peran yang sentral. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan membuat peradaban suatu bangsa menadi kokoh, maju, dan berkelanjutan. Dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, gejolak yang dihadapi suatu negara akan dapat teratasi karena selalu mempunyai solusi untuk berbagai masalah.

Untuk menguasai bukan hanya teknologi penerbangan melainkan semua teknologi diperlukan beberapa unsur. Habibie mengatakan, unsur tersebut yaitu budaya, agama, dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiganya harus dapat bersinergi secara positif dengan demikian dapat mencetak sumber daya manusia yang andal.

Presiden menegaskan bahwa saat ini ada tiga isu penting yang perlu dicarikan solusi melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Isu yang pertama yaitu tantangan di bidang pangan, energi, dan air. “Saat ini dunia dan Indonesia perlu menghadapi tantangan ini,” ujarnya.

Isu kedua yaitu bagaimana memandang dan meletakkan hubungan yang konstruktif antara ekonomi dan teknologi. Dengan demikian, teknologi dapat pula meningkatkan ekonomi. Sementara itu, isu yang kedua yaitu upaya untuk membangun sinergi nasional antara akademisi, bisnis, dan pemerintah dalam konteks inovasi dan pengembangan teknologi.

Dalam peringatan Hakteknas tersebut, Lapan juga mengikuti Ritech Expo. Di pameran tersebut, Lapan menampilkan berbagai hasil litbang Lapan. Selain pameran, Lapan juga melaksanakan workshop mengenai roket, satelit, dan UAV.



sumber : http://www.lapan.go.id/doc_news/hakteknaspuncak.html








admin is offline   Reply With Quote