View Single Post
Old 12th September 2013, 06:58 PM   #1
Sek. RT
 
Join Date: 10 Dec 2012
Userid: 709
Posts: 32
Likes: 0
Liked 3 Times in 3 Posts
Default Piala Dunia: Brasil Minati Produk Olahraga Indonesia



Indonesia-Brasil Jajaki Kerja Sama Perdagangan Komoditas Pertanian dan Produk Manufaktur

JAKARTA, IndoTrading News – Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurthi, melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri Brasil, Dubes Eduardo Dos Santos, dan Wakil Menteri Perdagangan Brasil, Ricardo Schaefer, serta beberapa pengusaha Brasil, di Brasil, Selasa (10/9). Dalam pertemuan tersebut, para pengusaha menyatakan minatnya untuk mendatangkan produk-produk olahraga untuk memenuhi kebutuhan pada ajang Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016.

“Menjelang kedua acara bertaraf internasional tersebut, permintaan pasar Brasil untuk produk olah raga dan produk pendukung lainnya akan meningkat signifikan. Indonesia harus dapat memanfaatkan momentum ini untuk dapat mensuplai produk alas kaki, tekstil dan produk tekstil, bola kaki, aksesoris, serta produk terkait lainnya,” kata Wamendag sebagaimana dikutip dari siaran pers Kemendag, hari ini.

Tak hanya itu, pengusaha Brasil juga menunjukkan minatnya untuk melakukan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi dengan Indonesia, seperti pada bidang pertanian, manufaktur dan pengembangan biofuel.

“Salah satu pihak yang berminat menjalin kemitraan dengan Indonesia adalah negara bagian Para, yang merupakan wilayah kedua terbesar di Brasil. Negara bagian Para berminat bekerja sama di bidang kakao, kedelai, karet dan kelapa sawit,” ungkap Bayu Krisnamurthi.

Selanjutnya, Bayu menekankan perlu adanya antisipasi dukungan pengadaan yang cukup untuk dua kegiatan besar tersebut. Indonesia sebagai produsen produk manufaktur siap membantu pemerintah Brasil dalam pemenuhan kebutuhan pasar domestik Brasil dan sekitarnya.

Wamendag kemudian menjelaskan bahwa sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk dan wilayah yang sangat besar, Indonesia dan Brasil memiliki potensi ekonomi serta peluang pengembangan perdagangan yang bersifat saling melengkapi (komplementer). “Untuk mengoptimalkan kerja sama, pengembangan kemitraan strategis kedua negara harus diisi dengan langkah-langkah konkrit yang secara aktif melibatkan dunia usaha,” ujarnya.

Selain itu, menurut Wamendag, Indonesia dan Brasil juga perlu mensinergikan sektor perdagangan, investasi dan sektor-sektor terkait lainnya guna mengidentifikasi dan mengembangkan komplementaritas, sehingga produk-produk yang diperdagangkan nilainya terus meningkat dan lebih bervariasi.

Sumber
kikiar is offline   Reply With Quote
Sponsored Links