View Single Post
Old 17th July 2012, 05:57 PM   #11
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Pelindo I Teken MoU Pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung

bumn.go.id

Quote:
MedanBisnis – Belawan. PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) bersama PT Pembangunan Perumahan (PT PP) (Persero) dan PT Hutama Karya (Persero) melakukan penandatanganan Nota Kesepahamanan (memorandum of understanding/MoU) tentang Pengembangan Terminal Petikemas Pelabuhan Kuala Tanjung di Hotel Park Jakarta, pekan lalu .

Adapun tujuan MoU ini kata Humas Pelindo I Medan dalam relisnya yang dikirim ke MedanBisnis melalui surat elektronik, Minggu (17/6) adalah untuk melakukan studi kelayakan awal (preliminary feasibility study) mengenai potensi dan kegiatan operasional, rencana bisnis dan analisa kelayakan keuangan serta persiapan perizinan dan konsep kerja sama lebih lanjut.

Dalam sambutannya pada MoU tersebut, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Pelindo I, Bambang Eka Cahyana mengatakan, Pelindo I Medan akan membangun terminal peti kemas bertaraf internasional dengan nilai investasi sebesar Rp 4 triliun dan terminal curah cair dengan nilai investasi Rp 567,5 miliar di Pelabuhan Kuala Tanjung Kabupaten Batubara.

“Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung merupakan proyek besar yang membutuhkan dana investasi yang cukup besar. Sehingga Pelindo I menggandeng BUMN strategis lain untuk joint investment dalam proyek pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung,” kata Bambang.
Dijelaskannya, dalam mengembangkan terminal curah cair, Pelindo I akan bermitra dengan PT Perkebunan Nusantara III (Persero) dan PT PP (Persero) Tbk. Sedangkan pengembangan Terminal Petikemas, Pelindo I bermitra dengan PT PP (Persero) Tbk dan PT Hutama Karya (Persero).

“Pengembangan Pelabuhan Kuala Tanjung adalah hal yang urgent untuk perekonomian Indonesia, terutama Indonesia barat. “Untuk itu kami akan segera memulainya dalam waktu dekat dan penandatanganan MoU ini merupakan langkah penting,” tegas Bambang.

Sementara Humas PT Pelindo I, M Taufik Fadillah menjelaskan, Pelabuhan Kuala Tanjung saat ini ditetapkan menjadi Logistik Hub Transportasi Laut sesuai konsep Cetak Biru Pengembangan Sistem Logistik Nasional. Hinterland dominannya adalah kelapa sawit yang mempunyai basis industri di Kawasan Industri Sei Mangke yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui PP No 29 Thn 2012.

“Pengembangan ini sejalan dengan program pemerintah Master Plan Percepatan dan Perluasan pembangunan Ekonomi Indonesia(MP3I) dalam mewujudkan Konektivitas Nasional,” jelas Taufik.

Pelabuhan Kuala Tanjung kata Taufik, adalah salah satu cabang pelabuhan yang dikelola Pelindo I. Lokasi geografis yang strategis, menghadap Selat Malaka, yang merupakan salah satu selat tersibuk di dunia dan merupakan jalur utama pelayaran perdagangan di dunia.

Pelabuhan Kuala Tanjung menjadi prioritas pengembangan sebagai pendukung Pelabuhan Belawan yang terbatas pengembangannya dan tinggi sedimentasinya. Pelabuhan Kuala Tanjung juga mempunyai draft kolam yang cukup dalam, yaitu -14 LWS sehingga tidak perlu melakukan pengerukan lagi. Saat ini Pelabuhan Kuala Tanjung satu kawasan dengan PT Inalum. (wismar simanjuntak)
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Sponsored Links