View Single Post
Old 17th July 2012, 05:59 PM   #13
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Dishub Usulkan Pembangunan Pelabuhan Peti Kemas di Dumai

eksposnews

Quote:
DUMAI (EKSPOSnews): Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor kepelabuhan, Dinas Perhubungan Kota Dumai saat ini tengah mengusulkan pembangunan peti kemas tahun anggaran 2012. Demikian disampaikan, Marwan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, kepada sejumlah awak media, Jumat (29/6/12) diruang kerjanya.

"Usul itu dilatarbelakangi keinginan agar perusahaan daerah (Perusda) bisa menggali lebih banyak potensi penerimaan keuangan daerah. Pengadaan dermaga peti kemas ini sudah sejak jauh hari kami gagas guna mengoptimalkan pendapatan daerah dan membuka peluang baru bagi perusahaan daerah untuk melayani jasa di sektor kepelabuhanan," ungkap Marwan.

Dia menjelaskan, Pemkot juga sudah menyiapkan lahan di Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai. Untuk penyusunan Detail Engineering Design (DED), Pemkot setempat juga mengalokasikan dana pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan membentuk tim persiapan pembentukan pelabuhan tersebut.

"Penyusunan DED dan survei lapangan akan dilakukan tim yang sudah dibentuk. Sejauh ini mereka yang akan mempersiapkan perencanaan dan pengkajian mengenai rencana pembangunan dermaga peti kemas ini, Mudah-mudahan program ini segera terealiasasikan dan berdampak pada pembangunan Dumai menjadi lebih baik lagi," ungkapnya.

Sedangkan mengenai masalah ini, Kepala Bidang Lalu Lintas Laut pada Kantor Adpel Dumai Safaruddin menyebutkan, pembangunan dermaga peti kemas membutuhkan perencanaan yang matang dan biaya yang tidak sedikit. Bahkan sejauh ini, kata dia, pihak Adpel belum pernah diajak berkoordinasi oleh Pemkot terkait rencana pengadaan pelabuhan peti kemas. Namun, kendati begitu Adpel tetap tidak berwenang dalam hal pengawasan pelayaran diluar kawasan pelabuhan PT Pelindo.

"Kami belum mengetahui rencana pemerintah daerah untuk membangun pelabuhan peti kemas sendiri. Kami juga tidak memiliki kewenangan di luar lingkungan kerja areal pelabuhan Pelindo. Namun untuk memastikan program tersebut mari bersama-sama merembukan dalam mensukseskan program yang digaungkan oleh pemerintah setempat demi mensukseskan pembangunan," pungkasnya.
endar.agustyan is offline   Reply With Quote