View Single Post
Old 17th July 2012, 06:02 PM   #15
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Pembangunan Dermaga Terbengkalai

haluan kepri

Quote:
KUNDUR (HK)- Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri menyoroti proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Syahbandar Tanjung Batu yang terbengkalai sejak enam bulan lalu.

ABDUL GANI/KARIMUN

Bahkan Anggota Komisi III dipimpin Joko Nugroho dan beberapa anggota masing-masing Yusuf Sirat, Haripinto, H.Darman, Alex Gusnardin dan Sofyan Samsir meninjau langsung ponton. Peninjauan ini sebagai bentuk keseriusan menyikapi pengerjaan proyek senilai Rp2,6 Milyar yang didanai APBD Provinsi Kepri tahun 2011, yang dilaksanakan kontraktor kemitraan / KSO PT Karimun Utama dengan PT Seloko Batam Shipyard .

Pengerjaan yang seharusnya selesai selama 180 hari kerja sejak 15 September 2011 itu, hingga saat ini belum rampung 50 persen. Dan ditinggal begitu saja oleh kontraktor.

Pengerjaan proyek baru pada tahap pemasangan tiang pancang serta ponton yang belum bisa dimanfaatkan. Bahkan kembali dilakukan pengerjaan dengan lelang ulang yang menghabiskan anggaran senilai Rp1,8 Milyar dari APBD Provinsi Kepri 2012.

Kepada wartawan Joko Nugroho mengaku, akan terus mendesak Dinas Perhubungan Provinsi Kepri segera menyelesaikan proyek ponton yang ditinggalkan sang kontraktor.

"Kita melihat kalau hal ini memang sangat penting dengan makin tingginya aktifitas di pelabuhan ini. Serta jadwal kapal pun semakin berbenturan dengan hanya satu ponton saja yang bisa dimanfaatkan. Padahal ponton yang saat ini terus digunakan secara antri oleh armada pelayaran dinilai sudah tidak memadai," ucapnya, Rabu kemarin (20/6).

Hal itu kata dia, harus secepatnya dilaksanakan, karena mengingat lebaran idul fitri sudah semakin dekat. Jika tidak, Joko memastikan aktifitas mudik dan arus balik lebaran akan terganggu.

Hal senada juga disampaikan h Sekretaris Komisi III DPRD Provins Kepri, Haripinto. Ia mengatakan, Komisi III sudah mendesak dinas terkait agar ponton di Pelabuhan Syahbandar Tanjung Batu segera dimanfaatkan. Hal ini didorong aktifitas pelabuhan saat ini sudah semakin padat.

"Menurut kepala syahbandar juga bahwa ponton yang satunya lagi saat ini sudah tidak memadai. Sehingga sudah seharusnya penyelesaian proyek ponton ini kita gesa. Dan hal ini akan terus kita desak dari Dishub Provinsi. Apalagi kan sudah mau lebaran," ucapnya.

Ia menjelaskan, dulu ada program rehab ponton di seluruh Kepri, dan Pelabuhan Tanjung Batu merupakan yang pertama kali mendapatkan program ini. Dan waktu itu perencanaannya adalah satu tahun anggaran namun pengerjaan proyek akhirnya terbengkalai. Ia berharap kedepan tidak terjadi lagi dan bisa menjadi bahan acuan atau pelajaran kedepannya.

Tidak hanya pelabuhan Syahbandar Tanjun Batu yang menurut para jajaran di komisi III DPRD Provinsi Kepri perlu mendapat perhatian, melainkan pelabuhan bongkar muat di Pulau Ungar Kelurahan Alai Kecamatan Kundur juga bakal direhab, selain itu pelabuhan penumpang menuju Kelurahan Alai dan Desa Sungai Buluh juga bakal diperbaharui. Yang lokasinya bersebelahan dengan pelabuhan bongkar muat Tanjung Batu.

Sementara itu, Kasi Pelabuhan Dinas Perhubungan Provinsi Kepri R. Dian Hamdianin ketika dikonfirmasi terkait permasalahan pelabuhan yang ditinjau oleh komisi III DPRD Provinsi Kepri menuturkan, Pelabuhan Syahbandar Tanjung Batu memang perlu sesegera mungkin ada tindakan.

Ia berharap mudah-mudahan pelabuhan bisa dimanfaatkan saat arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini. Sedangkan pelabuhan bongkar muat di Kelurahan Alai akan segera dibangun dengan luas 6 kali 25 meter. Realisasinya belum bisa dipastikan tapi sudah melewati proses teken kontrak dan sudah ada pemenang tender.
endar.agustyan is offline   Reply With Quote