View Single Post
Old 28th December 2013, 08:08 AM   #1
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Thumbs up Wisata Kuliner Banjarmasin Murah dan Enak

Wisata Kuliner Banjarmasin Murah dan Enak

sumber : http://anisnuryasmine.blogspot.com/2...murah-dan.html

Haii…. Kali ini aku mau postingin tentang makanan-makanan enak di Banjarmasin yang rasanya sudah teruji di lidah saya dan sohib-sohib q yang memang saat weekend berburu makanan enak. Kali ini makanan akan saya kategorikan sesuai tipe, berkuah-kuah dan keringan.
Kita mulai dari makanan berkuah dulu hehehe

1. 1. SOTO BANJAR

Waah yang ini terkenal banget, soto banjar dari namanya aja udah nunjukin asalnya. Soto khas Kalimantan Selatan ini emang maknyuuuuus sekali, apalagi buat sarapan dan makan malam saat cuaca dingin, langsung anget dah hehehe
Soto Banjar, ayamnya wajib ayam kampong, karena rasanya lebih gurih dan manis.
Tapi hati-hati sob, ga semua soto banjar itu enak??? Naah maksudnya tergantung sama yang bikin , tempat yang enak dan wajib coba adalah :

a. SOTO BANG AMAT
Ini tempatnya terkenal banget friends, Letaknya di Banua Anyar bawah jembatan, hati-hati ya,, jangan ketipu sama SOTO BAWAH JEMBATAN. Lokasi SOTO BANG AMAT, tempatnya masuk jalan lebih dalam lagi melewati SOTO BAWAH JEMBATAN. Sebenarnya rasa kurang lebih sama, tapi BANG AMAT lebih gurih dan kuahnya juga lebih kental, porsinya banyak harganya pas.
Harga: Rp. 13.000/ porsi biasa dan Rp. 20.000/ porsi special
Bedanya sih lauknya aja lebih banyak (aku porsi biasa aja udah full kenyangnya)



Oh ya kalau kamu-kamu yang ga tau bedanya soto banjar sama sop banjar, sebenarnya kuahnya dan racikannya sama aja, tapi kalau SOTO, Kamu makannya pake lontong dipotong kecil-kecil, kalau SOP, pake Nasi? Naah bingung? Pokoknya beda ma Soto Lamongan yang makannya pake nasi? Tambah bingung? Hehehe

Note: Kalau mau makan soto/sop banjar yang lebih yahud di sini, jangan lupa pesan juga sate ayamnya dengan bumbu khas banjar (Bumbu Kacang+cabe merah kering, diblender, rasanya ajib, enak deh). Nggak semua yang ada sate ayamnya looh.

b. SOTO Babat Mak Enggot
Ini pas banget ma kantong mahasiswa, kalau lagi lapar biasanya porsinya rada kurang (Komentar teman aq) tapi rasanya juga enak, tapi kalau buat aku pas-pas aja
Disini selain lauk sotonya ayam suwir, juga ada babat, lebih variatif laah. Letaknya di Kampung Melayu, dipinggir jalan. Kalau gak tau Tanya tukang ojek, tempatnya lumayan terkenal nih.
Harga : Rp 10.000 saja plus Es Teh manis


Note: Disini juga ada sate ayamnya, tapi kalau datangnya malam, pasti satenya sudah habis


c. SOTO H. Anang Ayam Bapukah
Apa bedanya sama soto banjar yang lain? Kalau soto banjar terkenal dengan ayam kampong suwirnya, kalau di Ayam Bapukah, maka akan ada potongan ayam yang ga beraturan. Pokoknya ayamnya di pukah (Dipatahkan dengan tangan saja). Cara masaknya sih seekor Ayam+bumbu2 direbus sampai lunak, lalu dipatahkan pake tangan. SOTO Ayam Bapukah ini adanya saat sore-malam aja. Tersebar di berbagai sudut kota dengan warung2 tenda pinggir jalan. Lokasi yang paling mudah ditemui adalah depan Duta Mall Banjarmasin dan Seberang RS Sari Mulya Banjarmasin (Jl. Pangeran Antasari). Untuk rasa, menurut aku standar, kuahnya kurang kental, tapi ayamnya banyak hehehe


Harga : Rp. 14.000

d. SOTO KUIN Depan Kampus aq
Hahaha yang ini rasanya standar, tapi kalau lagi pengen soto malas nyari jauh-jauh yaa disini aja makannya, udah cukup enak, harganya? Just Rp. 6.000. tapi sebenarnya SOTO KUIN terkenal enak, adanya di daerah Kuin Banjarmasin. Saat kita mau ke Pasar Terapung biasanya melewati daerah KUIN. Rasa sotonya enak kalau yang diKUIN, Naah SOTO KUIN yang enak itu gampangnya ada di pasar terapung, kalian bisa makannya di atas kelotok, wiii sensasinya ajib, makan soto di klotok, jadinya goyang-goyang tapi uenak banget. Harga: Rp. 10.000 plus Es Teh Manis.

admin is offline   Reply With Quote
Sponsored Links