View Single Post
Old 28th December 2013, 08:21 AM   #3
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Re: Wisata Kuliner Banjarmasin Murah dan Enak

2. LONTONG
Lontong Kal-Sel beda banget ma Lontong Jawa. Lontongnya berbentuk segitiga yang dibungkus pake daun pisang. Kuahnya adalah santan berwarna kuning plus ikan gabus/ ayam/ telur yang dimasak habang (bumbu merah khas, hanya ada di Kalsel-Teng). Rasanya ajib, ikan gabusnya adalah Haruan yang sebelumnya digoreng, rasanya krispy maknyuuss. Lontong yang paling beken di Banjarmasin adalah : Lontong ORARI di Jl. Pahlawan/ Kampung Melayu
Harga: Rp 15.000an



Note: bila ga kuat makan-makanan gurih bersantan, pesan lontongnya porsi setengah aja yaa, udah cukup dijamin , jangan lupa pake sambal plus kecap manis juga enak

3. KETUPAT KANDANGAN
Naah ini BEDA sama lontong, ketupat kandangan bentuk ketupatnya sama dengan ketupat lebaran, tapi bedanya adalah komposisi ketupatnya tidak padat, tetapi kasar dan masih terlihat bentuk butiran nasinya. Kuahnya santan gurih berwarna putih dengan lauk khas Ikan Haruan lagi hehehe, Haruan yang digoreng dan dibumbui. Kalau orang Banjar makannya pakai tangan, kalau saya karena tidak 100% Kalsel (campuran Kalimantan Tengah) jadi makannya tetap pakai sendok . Khasnya Ketupat kandangan biasanya ada jeroan ikan yang disate atau ditumis. Makannya plus sambal terasi pedas. Gurih manis Pedas , krispi lagi daging ikannya… Pak Bondan aj suka hehehe Maknyoos. Yang enak ada di KANDANGAN tentunya, kalau di Banjarmasin ada di RUMAH MAKAN PONDOK BAHARI, dekat siring sungai Martapura. Tanya aja deh tempat makannya lumayan terkenal. Arsitektur tempatnya rumah khas banjar, disini juga bisa nemu menu khas banjar lainnya. Tapi rasanya standar banget.

Harga: Rp 14.000an



4. HAMPAP/ HARUAN KERING BATANAK
Hampap adalah ikan Haruan/ Tauman (sama dari jenis Gabus) yang dijemur setengah kering dan dimasak dengan bumbu bawang cabe dan kuah santan berkunyit. Rasanya asli enak coz gurih, asin tipis dan ada sensasi pedas dikit. Enak pokoknya. Yang enak ada di RM Rahmat di Km 3,5.



Harganya : Rp. 15.000an
note: Pak Bondan dan Alexa wktu ke BJM sempat nyoba dan doyan banget

5. Gangan-gangan (Sayur berkuah) Khas Kalimantan Selatan
Gangan2 ini pastinya tersedia di setiap RM khas Banjar, seperti DEPOT SARI PATIN dan RM IDAH di Jl. S. Parman seberang RS ISLAM atau RM CENDRAWASIH di Pangeran Samudera/ Kertak Baru.
Note: RM Cendrawasih Mahal dan rasanya biasa aja.


a. Gangan Balamak
Rasanya gurih banget, karena pake santan kental… sayurnya ada blewah (waluh), kacang panjang, jagung manis dan sayur-sayur laen tergantung selera empunya warung hehehe. Paling enak dipaduin dengan nasi putih hangat, ikan Patin bakar/ Ikan Haruan (ikan Gabus khas Kal-sel) yang diGoreng/bakar plus sambal mangga/ sambal jeruk limau/ sambal pedas.
Ini vavorit saya teman-teman

admin is offline   Reply With Quote