View Single Post
Old 28th December 2013, 08:25 AM   #4
admin
Administrator
 
admin's Avatar
 
Join Date: 5 Jul 2012
Userid: 1
Posts: 5,267
Likes: 1,721
Liked 196 Times in 118 Posts
Default Re: Wisata Kuliner Banjarmasin Murah dan Enak

b. Gangan Asam



Ini beda sama sayur asam yang ada di daerah lain. Gangan Asam kuahnya berwarna kuning karena pake kunyit. Sayurnya sih biasanya kol, kacang panjang, irisan tomat, ada batang sereh sebagai penguat aroma etc. terus ada ikan yang di masak langsung disana, ikannya sih bisa patin atau Baung ( ikan sejenis lele, tapi hanya hidup di sungai). Menurut aku lebih enak kalau ikannya Baung (Di Kalimantan Tengah Banyak), ga bakalan ada bau lumpur seperti Patin . rasanya asam-asam segar.

gambar gangan asam patin

c. Gangan Karuh
Naah yang ini lebih asik lagi rasanya. Kuahnya keruh berwarna putih gelap dari santan dan sayurnya ada tumbuhan paku-pakuan. Sebenarnya gangan karuh lebih berat ke masakan Kalimantan Tengah, tapi di Banjarmasin juga banyak walau sayurnya dimodifikasi diganti sama daun putri malu, keladi (jadi gangan keladi) etc. Rasanya gurih dan agak manis.



d. Gangan Humbut
Naah apalagi yang satu ini? Humbut adalah rotan muda, yang dipotong kecil2 dan dimasak sampai empuk dengan kuah yang mirip rasanya dengan kuah lontong. Rasanya sih aku kurang suka, agak-agak pahit. tapi anehnya lebih banyak yang suka, sesuai selera aja . tapi gangan humbut ada juga yang dari batang kelapa/ sawit (yang ini lebih ke masakan Kalimantan Tengah). Kalau yang ini aku doyan. Ga ada pahitnya. Yang ada malah manis empuk gurih. Paling enak sama daging sapi



Selesai untuk makanan berkuah, kita akan lanjut ke makanan keringan hehehe

1. NASI KUNING
Yippi ini makanan sehari-hari saya kalau sarapan, tersedia di mana aja, d RM khas masakan Banjar, diwarung-warung, dipinggir jalan. Komplit dah. Nasi kuning khas banjar sama aja dengan nasi kuning daerah lain untuk nasinya. Mungkin agak sedikit gurih dari santan (Masakan Banjar senang banget ma Santan).
Yang jadi khas adalah lauk MASAK HABANG nya itu. Sensasi masak habang setiap warung pasti beda. Ada yang kental, encer, manis, manis pedas, berminyak dan warnanya juga beda. Ada yang merah segar, merah hati etc tergantung resep si empunya warung. Ikannya lagi2 HARUAN (wajib coba ini)/ Ayam/ telur/ daging/ dendeng sapi/ udang sungai/ hati ayam, yang semuanya di masak habang.



Yang enak dan udah mampir dilidah adalah : NASI KUNING RAHMAT, di Jl. Andalas Pasar Lama. Harga : Rp. 10.000
Nasi kuning nya pas karena komposisi santan dan air cukup. Rasa masak habang nya manis dan kental. Kalau mau pedas pake sambal aja (aku suka pedas, jadi aku tambahin sambal rawit yang tersedia)


Terus bagi yang suka porsi besar, adalah nasi Kuning CEMPAKA yang udah ada cabang di mana-mana. Sentralnya ada di RM CEMPAKA Jl. S.Parman. Tekstur nasi kuningnya karau, seperti nasi goreng. Masak habangnya agak encer tapi enak(aku selalu merasa kurang dengan bumbu masak habangnya). Tersedia lauk Haruan/ ayam/ daging/ dendeng sapi. Nasi kuningnya langsung dibungkus dengan daun pisang (jadi wangi sekali) harga : Rp 10.000


Ada juga nasi kuning langganan saya dulu, kalau lapar tengah malam, hehehe nasi kuning lumayan juga dimakan malam, harganya Cuman Rp.3500 saja. Tapi cukup banget untuk mengganjal perut. Rasanya enak looh. Adanya di S.Parman depan jasa pengiriman TIKI, sering disebut ma teman-teman nasi kuning TIKI
admin is offline   Reply With Quote