View Single Post
Old 4th February 2014, 12:27 PM   #5
positifi
Wk. RT
 
Join Date: 9 Jul 2012
Userid: 2
Posts: 54
Likes: 6
Liked 20 Times in 12 Posts
Default Re: Mari mentadaburi al qur’an (mma) ke -4 : Tafsir isti’adzah

MARI MENTADABBURI AL QUR’AN (MMA) KE -2

DALIL KEUTAMAAN SURAT AL FATIHAH

1. Allah Ta’ala berfirman:
وَلَقَدْ آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِي وَالْقُرْآنَ الْعَظِيمَ .
“Dan sesungguhnya Kami telah berikan kepadamu tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang dan Al Qur’an yang agung.” (QS. Al Hijr:87)

Faedah:

- (As Sab’ul Matsani) ‘Tujuh yang diulang-ulang’ adalah surat al Fatihah sebagaimana yang ditafsirkan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim, dan ini adalah pendapat Ibnu Abbas, Umar, Ali, Ibnu Mas’ud rodhiallahu anhum sebagaimana yang disebutkan oleh Ibnu Katsir di dalam tafsirnya. [lihat Tafsir Ibnu Katsir jilid.8/275]
- Surat al Fatihah selalu diulang-ulang bacaannya di setiap rokaat dalam sholat.
- Wajib belajar membaca surat al Fatihah dengan benar dan mempelajari makna yang terkandung di dalamnya karena ia selalu diulang di dalam sholat.
- Sangatlah merugi orang yang tidak mengetahui makna yang terkandung di dalam surat al Fatihah. Bagaimana tidak merugi?! Surat yang selalu dia baca namun dia tidak mengerti apa arti dan maknanya.

2. Dari Anas radhiallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wasallam:
أَفْضَلُ الْقُرْآنِ : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ .
“Surat yang paling mulia di dalam al Qur’an adalah: “alhamdulillahi robbil alamin” (surat Al Fatihah).” (HR. Hakim, dishohihkan Albani di Ash Shohihah:1499)

Faedah:

- Surat al Fatihah adalah surat yang paling agung di dalam al Quran, sedangkan ayat yang paling agung di dalam al Qur’an adalah ayat Kursi.
- Semua surat yang ada di dalam al Quran mulia karena semuanya adalah Kalamullah (Firman Allah Ta’ala), namun ada sebagian yang satu lebih mulia dari sebagian yang lain sesuai dengan kehendak-Nya.
- Surat al Fatihah adalah surat yang paling mulia, di dalamnya terdapat pernyataan tauhid rububiyah (hanya Allah yang menciptakan, memiliki dan mengatur alam semesta), tauhid uluhiyah (ibadah hanya untuk Allah semata) dan tauhid asma’ dan sifat (hanya Allah yang memiliki nama dan sifat yang sempurna). Di dalamnya terdapat penjelasan iman kepada hari akhir, bahwasanya kebahagiaan di hari akhir tidak dapat diraih melainkan dengan jalan ibadah yang benar dan murni hanya untuk Allah Ta’ala, dan ibadah tidak akan terwujud kecuali atas pertolongan Allah. Di dalamnya terdapat penjelasan doa yang paling agung dan paling mulia. Di dalamnya terdapat pembagian golongan manusia ada yang diridhoi, ada yang dimurkai dan ada pula yang tersesat.

3. Dari Abdullah bin Abbas radhiallahu anhuma ia berkata:
بَيْنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعِنْدَهُ جَبْرَائِيلُ إِذْ سَمِعَ نَقِيضًا فَوْقَهُ، فَرَفَعَ جِبْرِيلُ بَصَرَهُ إِلَى السَّمَاءِ، فَقَالَ: هَذَا بَابٌ قَدْ فُتِحَ مِنَ السَّمَاءِ مَا فُتِحَ قَطُّ . فَنَزَلَ مِنْهُ مَلَكٌ فَأَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: أَبْشِرْ بِنُوْرَيْنِ قَدْ أُوتِيتَهُمَا لَمْ يُؤْتَهُمَا نَبِيٌّ قَبْلَكَ؛ فَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَخَوَاتِيمِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، لَنْ تَقْرَأَ حَرْفًا مِنْهُمَا إِلَّا أُوتِيتَهُ .
“Tatkala Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam duduk bersama Jibril tiba-tiba terdengar suara keras dari arah atas. Jibril pun mengarahkan pandangannya ke atas seraya berkata: ‘Itu adalah suara salah satu pintu langit yang dibuka dan tidak pernah dibuka sebelumnya.’ Lalu turunlah dari pintu itu seorang malaikat mendatangi Nabi shallallahu alaihi wasallam seraya berkata: ‘Aku membawa kabar gembira berupa dua cahaya yang telah diberikan kepadamu dan tidak pernah diberikan kepada Nabi sebelummu; Fâtihatul Kitâb dan dua ayat terakhir surat al-Baqarah. Tidaklah engkau membaca satu huruf darinya melainkan akan diberikan apa yang kau minta.” (HR. Muslim:806, An Nasai:912)

Faedah:

- Jibril selalu mendatangi Nabi shallallahu alaihi wasallam, kedatangan Jibril kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam berwujud manusia terutama sering kali ia menyerupai wajah sahabat Dihyah al Kalbi rodhiallahu anhu.
- Langit merupakan bangunan yang sangat kuat dan memiliki banyak pintu, hal ini merupakan bantahan bagi yang menyatakan kalau langit itu hanya tanda ketinggian namun tidak ada wujudnya.
- Surat al Fatihah surat paling mulia yang Allah khususkan hanya untuk Nabi yang paling mulia yaitu Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.
- Surat al Fatihah dan dua ayat yang terakhir surat al Baqarah adalah cahaya yang sempurna bagi yang membacanya dengan tadabbur dan tafakkur.
- Di dalam surat al Fatihah terdapat doa, siapa yang membacanya dengan khusu’ maka Allah akan mengabulkan permintaannya.

4. Dari Abu Huroiroh rodhiallahu anhu ia berkata: Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: Allah Ta’ala berfirman:
قَسَمْتُ الصَّلَاةَ بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي نِصْفَيْنِ، وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ، فَإِذَا قَالَ : الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، قَالَ اللهُ : حَمَدَنِي عَبْدِي، وَإِذَا قَالَ: الرَّحْمَنِ الرَحِيمِ، قَالَ اللهُ: أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي . فَإِذَا قَالَ: مَلِكِ يَوْمِ الدِّينِ، قَالَ: مَجَّدَنِي عَبْدِي – وَقَالَ مَرَّةً: فَوَّضَ إِلَيَّ عَبْدِي-. فَإِذَا قَالَ: إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ، قَالَ: هَذَا بَيْنِي وَبَيْنَ عَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ . فَإِذَا قَالَ: اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ، صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ، قَالَ: هَذَا لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ .
“Aku telah membagi surat al Fatihah antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua bagian dan hamba-Ku memperoleh apa yang dimintanya. Apabila hamba membaca: ‘alhamdulillahi robbil ‘alamin.’ Allah berfirman: ‘Hamba-Ku telah memujiku.’ Dan apabila seseorang membaca: ‘arrohmanirrohim.’ Allah berfirman: ‘Hambaku telah memuliakan-Ku.’ Apabila seseorang membaca: ‘maliki yaumiddin.’ Allah berfirman: ‘Hamba-Ku telah mengagungkan-Ku.’ Di kesempatan yang lain Allah berfirman: ‘Hamba-Ku menyerahkan dirinya kepada-Ku.’ Apabila seseorang membaca: ‘iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’in.’ Allah berfirman: ‘Ini adalah perjanjian antara Aku dan hamba-Ku, dan hamba-Ku memperoleh apa yang dimintanya.’ Apabila seseorang membaca: ‘ihdinash shrothol mustaqim shirothol ladzina an’amta alaihim ghoiril maghdhubi ‘alaihim waladh dhollin.’ Allah berfirman: ‘Ini adalah untuk hamba-Ku, dan hamba-Ku memperoleh apa yang dimintanya. (HR. Muslim:395)

Faedah:

- Surat al Fatihah adalah surat percakapan antara Allah dan hamba-Nya.
- Apabila seseorang berbicara begitu sopan kepada presiden dan raja, maka wajib membaca surat al Fatihah dengan thuma’ninah karena ia sedang berbicara dengan Allah Ta’ala.
- Jika seseorang sopan dalam tutur katanya akan dicintai atasannya, maka orang yang baik bacaannya di saat ia membaca surat Al Fatihah dengan khusu’ maka ia akan dicintai oleh Allah Ta’ala.
- Jika seseorang yang berbicara terlalu cepat kepada orang yang lebih tua dikatakan tidak sopan, maka orang yang sangat cepat membaca surat al Fatihah dia berarti tidak beradab dengan Allah Ta’ala.
- Orang yang meminta sesuatu kepada yang lain harus baik tutur katanya supaya dia mendapatkan apa yang diminta, maka seseorang wajib membaca surat al Fatihah dengan thuma’ninah dan khusu’ agar Allah mengabulkan permintaannya yang ada terkandung di dalam surat al Fatihah.
- Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahullah berkata: ‘Semua manusia memerlukan surat al Fatihah melebihi keperluan mereka dengan yang lain, sehingga diwajibkan membacanya di setiap sholat.’ [lihat Tafsir Syaikhil Islam Ibni Taimiyyah yang dikumpulkan oleh Iyad Al Qaisy jilid.1/62]
positifi is offline   Reply With Quote