View Single Post
Old 19th September 2012, 04:01 PM   #43
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Indonesia Berada di Jantung Ekonomi Paling Dinamis Sedunia
Fakhri Rezy - Okezone
Selasa, 18 September 2012 13:14 wib


http://economy.okezone.com/read/2012...inamis-sedunia

Quote:
JAKARTA - McKinsey Global Institute (MGI) mencatat Indonesia mempunyai 90 juta orang yang berpotensi masuk ke dalam kelas konsumen. Hal ini sejalan dengan populasi yang tumbuh pesat dan urbanisasi yang berlanjut.

Dalam laporannya, MGI menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus diuntungkan dengan sejumlah tren yang kuat. Indonesia terletak di jantung kawasan ekonomi paling dinamis di dunia.

Dalam 15 tahun mendatang, kelas konsumen global diestimasikan akan tumbuh meningkatkan permintaan akan sumber daya dan komoditas Indonesia. "Indonesia berada di persimpangan yang kritis," ujar Chairman Mckinsey Indonesia Raoul Oberman, di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (18/9/2012).

Guna memastikan kesinambungan ekonomi jangka panjang, Indonesia perlu mengatasi tantangan dalam mengelola kebutuhan (demand) yang terus meningkat. Kebutuhan energi di Indonesia, dapat meningkat tiga kali lipat dalam 20 tahun mendatang, sementara kebutuhan baja akan tumbuh 170 persen dalam periode yang sama. Pada 2030, kebutuhan akan air akan melebihi jumlah pasokan sebesar lebih dari 20 persen.

"Indonesia perlu melanjutkan kinerja ekonominya yang impresif dengan meningkatkan produktivitas tenaga kerja hingga 4,6 persen atau 60 persen lebih tinggi dari rata-rata produktivitas di satu dekade," ujar Raoul.

Raoul mengatakan, Indonesia juga perlu mengatasi isu kesenjangan sosial dan mengelola kebutuhan yang melonjak dengan berkembangnya kelas konsumen agar dapat memenuhi target pertumbuhan PDB jangka panjangnya.

Presiden Direktur McKinsey Indonesia Arief Budiman mengatakan, melihat 90 juta consuming kelas baru sampai 2010-2030 akan mempunyai 1,1 triliun kesempatan bisnis. "Tiga kesempatan bisnis tertinggi yakni capture new consumer behavior, enchange productivity, dan create acceleration," ujar Arief.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote